Pertanyaan
1. Ada tiga elemen utama yang menjadi karakteristik kurikulum merdeka belajar sebagaimana yang dikembangkan saat ini. Tiga karakteristik tersebut diantaranya; 1) Karakter Pancasila, pada penerapannya berbentuk Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila 2) Berbasis Kompetensi, yakni Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untukJpembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. 3)Pembelajaran yang Fleksibel, artinya Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan local. Pertanyaan Tugas: Cobalah Anda membuat rencana pembelajaran (RP) berbasis proyek serta persiapan mengajar dengan format (RPP) yang saat ini Anda gunakan sebagai guru yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan kemampuan siswa sebagai pelajar profil Pancasila gunakan konsep kuritulum Merdeka belajar (IKM)!Anda boleh mengembangkan inovasi yang mestinya di highlight disisi yang mana keinovatifannya.Selamat Bekerja
Solusi
Jawaban
Rencana Pembelajaran (RPP) berbasis proyek untuk mengembangkan kemampuan siswa sebagai pelajar profil Pancasila dengan menggunakan konsep kurikulum Merdeka belajar (IKM) dapat dirancang sebagai berikut:1. **Tema Proyek**: "Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari"2. **Tujuan Pembelajaran**: Siswa dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka dan memahami pentingnya Pancasila sebagai dasar negara.3. **Metode Pembelajaran**: Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan kolaboratif.4. **Aktivitas Proyek**: - **Penelitian**: Siswa akan melakukan penelitian tentang bagaimana nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. - **Diskusi**: Siswa akan berdiskusi dalam kelompok untuk berbagi temuan dan pemahaman mereka tentang Pancasila. - **Presentasi**: Siswa akan mempresentasikan hasil penelitian dan diskusi mereka di depan kelas. - **Refleksi**: Siswa akan merefleksikan pengalaman mereka dalam proyek ini dan bagaimana mereka dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka.5. **Penilaian**: Penilaian dilakukan berdasarkan partisipasi aktif siswa dalam proyek, kualitas penelitian, dan presentasi mereka.6. **Bahan Ajar**: Buku teks, sumber daya online, dan video pendidikan tentang Pancasila.7. **Alat dan Sumber Daya**: Komputer, proyektor, dan akses internet.8. **Waktu**: 2 minggu.9. **Penyesuaian**: Guru akan menyesuaikan metode pengajaran dan materi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.10. **Inovasi**: Guru akan menggunakan teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan aplikasi pembelajaran online dan media sosial untuk berbagi hasil penelitian dan diskusi.
Penjelasan
Rencana Pembelajaran (RPP) berbasis proyek ini dirancang untuk membantu siswa memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka. Melalui pendekatan berbasis proyek, siswa diberi kesempatan untuk melakukan penelitian, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil mereka, yang semuanya adalah keterampilan penting yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan menggunakan konsep kurikulum Merdeka belajar (IKM), guru diberi kebebasan untuk menyesuaikan metode pengajaran dan materi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa, yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.