Pertanyaan
2. Pak Valen adalah guru merupakan guru kelas pada suatu SD .Pak valen ingin menyampaikan materi tentang "kubus dan balok"pak valen membagi siswa dalam kelompok yang beranggotan 5 orang peserta didik ,dengan pembelajaran berkelompok diharapkan peserta didik mampu menyebutkan unsur-unsur kubus dan balok dengautup dn benar .waktu berdiskusi untuk mengerjakan LKPD adalah menit .setelah diskusi kelompok salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok .selanjutnya guru menutup diskusi kelompok dan melanjutkan aktifitas pembelajaran Dari ilustrasi diatas,maka : a. Tuliskan pendapat anda apakah kegiatan pembelajaran yang dilakukan pak Valen memenuhi syarat-syarat sebagai diskusi kelompok kecil ?berikat alas an jawaban anda! b. Tuliskan komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil yang harus dikuasai pak Valen agar bimbingan diskusi kelompok menjadi efektif!
Solusi
Jawaban
**a. Apakah kegiatan pembelajaran Pak Valen memenuhi syarat-syarat diskusi kelompok kecil?**Kegiatan pembelajaran Pak Valen sebagian besar memenuhi syarat diskusi kelompok kecil, tetapi ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Berikut analisisnya:**Syarat yang terpenuhi:*** **Pembagian kelompok:** Pak Valen membagi siswa menjadi kelompok kecil beranggotakan 5 orang, sesuai dengan prinsip diskusi kelompok kecil yang menekankan interaksi dan partisipasi aktif setiap anggota.* **Tujuan yang jelas:** Tujuan diskusi, yaitu menyebutkan unsur-unsur kubus dan balok dengan tepat, sudah terdefinisi dengan baik.* **Waktu terbatas:** Adanya batasan waktu untuk diskusi menunjukkan adanya pengelolaan waktu yang baik, meskipun durasi waktu tidak disebutkan.* **Presentasi hasil diskusi:** Presentasi hasil diskusi memungkinkan kelompok untuk mempresentasikan pemahaman mereka dan menerima umpan balik.**Syarat yang kurang terpenuhi:*** **Peran guru sebagai fasilitator:** Ilustrasi kurang menjelaskan peran aktif Pak Valen sebagai fasilitator. Diskusi kelompok kecil yang efektif membutuhkan guru yang aktif membimbing, memberikan pertanyaan pemantik, mengarahkan diskusi, dan memastikan semua anggota terlibat aktif. Ilustrasi hanya menyebutkan guru menutup diskusi setelah presentasi, tanpa menjelaskan intervensi guru selama proses diskusi berlangsung.* **LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik):** Meskipun disebutkan LKPD, ilustrasi tidak menjelaskan isi dan desain LKPD tersebut. LKPD yang dirancang dengan baik akan sangat membantu terlaksananya diskusi yang terarah dan efektif. LKPD yang kurang terstruktur dapat menyebabkan diskusi menjadi tidak fokus.* **Evaluasi dan umpan balik:** Ilustrasi tidak menyebutkan adanya evaluasi terhadap hasil diskusi kelompok selain presentasi. Umpan balik yang komprehensif dari guru kepada setiap kelompok penting untuk memastikan pemahaman konsep yang benar.**Kesimpulan:**Kegiatan pembelajaran Pak Valen menunjukkan upaya untuk menerapkan diskusi kelompok kecil, namun masih perlu ditingkatkan dengan memperhatikan peran guru sebagai fasilitator yang aktif, desain LKPD yang terstruktur, dan mekanisme evaluasi dan umpan balik yang komprehensif.**b. Komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil yang harus dikuasai Pak Valen:**Agar bimbingan diskusi kelompok kecil menjadi efektif, Pak Valen perlu menguasai beberapa komponen keterampilan berikut:* **Perencanaan:** Membuat rencana pembelajaran yang terstruktur, termasuk tujuan pembelajaran yang jelas, pembagian kelompok yang efektif, desain LKPD yang terarah, dan alokasi waktu yang tepat.* **Memulai diskusi:** Memberikan pengantar yang menarik dan jelas, menjelaskan tujuan diskusi, dan memberikan pertanyaan pemantik yang merangsang pemikiran kritis.* **Memfasilitasi diskusi:** Membimbing diskusi agar tetap fokus pada topik, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan, mendorong partisipasi semua anggota kelompok, mengelola konflik yang mungkin muncul, dan memastikan semua anggota memahami konsep yang dibahas.* **Menggunakan teknik bertanya:** Menguasai berbagai teknik bertanya, seperti pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, pertanyaan klarifikasi, dan pertanyaan evaluatif, untuk mendorong pemikiran kritis dan pemahaman yang mendalam.* **Memberikan umpan balik:** Memberikan umpan balik yang konstruktif dan spesifik kepada setiap kelompok, baik selama maupun setelah diskusi, untuk memperbaiki pemahaman dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis.* **Menutup diskusi:** Merangkum poin-poin penting yang telah dibahas, memberikan kesimpulan, dan memberikan tugas tindak lanjut jika diperlukan.* **Pengelolaan waktu:** Mengelola waktu diskusi secara efektif agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik.* **Pengamatan dan penilaian:** Mampu mengamati proses diskusi dan menilai pemahaman siswa terhadap materi.Dengan menguasai komponen keterampilan di atas, Pak Valen dapat membimbing diskusi kelompok kecil yang efektif dan memastikan siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Similar Questions
-
The primary purpose of a legend is to explain natural phenomena. TRUE FALSE Legends can be entertaining, and they often serve as vehicles for conveying I cultural values, beliefs , and moral lesson TRUE FALSE
-
Write the meaning 4 each word you have found to. the dialog in Activity 4. 1. Word : Meaning 2. Word __ Meaning 3. Word Meaning __ 4. Word Meaning 5. Word Meaning 6. Word __ Meaning 7. Word Meaning : __ 8. Word Meaning : __ Activity 5 Based on the How does th Which expre 1. Which expr Acti Let's do a task dili 1. Divic pay 2. Con 3. Be ar
-
su mmatif ment Mid Semester Choose the correct answer by crossing (X) a, b, c,dor el The following text is for questions 1 to 20! Farth. Imagine wearing clothes like soft clouds embracing your fashion is all about clothing that cares for the planet. It's fike a gentle hug for Mother skin. These garments are made with love, using materials that don't cause harm.like organic cotton or recycled fabrics. When you choose eco friendly fashion, you're joining a movement of kindness It's like saying "thank you" to nature for all it provides Each piece tells a story of sustainability, like a colorful thread in the fabric of life. From stylish bamboo shirts to chic upcycled dresses, eco-fashion shows that being kind to the Earth is always in vogue. Embracing eco-friendly fashion isn't just about what you wear, it's a statement of values. It's like walking gently on the planet, leaving behind only footprints of compassion With every eco- friendly choice, you're helping to protect our beautiful world for generations to come. 1.What is eco-friendly fashion primarily concerned with? a.Comfort d.Affordability b. Style e.Brand popularity c.Environmental impact 2.According to the text , eco-friendly fashion is compared to what? a.A warm embrace d.A bright spotlight b.A cool breeze e.A cozy blanket c.A refreshing drink 3.Which materials are mentioned as being used in eco-friendly fashion? a.Silk and wool d.Leather and fur b. Polyester and nylon Acrylic and spandex c.Organic cotton and recycled fabrics 4.What does choosing eco -friendly fashion represent? Expressing individuality a.Following trends b.Making a political statement Supporting large corporations c.Joining a movement of kindness c. Joining friendly fashion described in relation to nature?
-
THE MAGIC BOX (A Story from Taiwan) 1. Once upon a time, there was a poor farmer. He lived with his wife One day, when he dug his field, he found a big box. 2. 'What's this''he asked. He brought the box home and showed it to his wife. They did not know what to do with the box . After they had cleaned it, they kept it in their house. 3. One morning,his wife accidentally. dropped an apple into the box. Amazingly, the apple multiplied quickly. Soon the box was filled with apples. The wife was so surprised. She took one apple from the box but another apple replaced the missing one. No matter how many apples were taken out the box was never empty of apples. 4. "How about if I drop a coin into this box?" asked the farmer.Surprisingly, the apples disappeared and coins started to multiply inside the box. Soon, the box was full of coins. 5. The farmer and his wife were very happy. Every day,they collected hundreds of coins from the box. They became very rich. 6. One day, the farmer's grandfather came and lived with them. He was very old and weak, so the farmer asked him to only take the coins out of the box. After some days, the grandfather was so tired. He wanted to rest, but the farmer got angry with him. 7. You are so lazy! You should work harder, the farmer yelled at his grandfather. 8. The old man did not say anything. He continued working . Suddenly he fell into the box and died. At once , all the money in the box disappeared and the box was filled with dead grandfathers . The farmer regretted his words, but it was too late. He pulled all the grandfathers out of the box. But there were so many. And the farmer had to use all his money for the funeral 9. At the end , the box broke.The farmer became poor again. If only the 3. In which paragraph did you find the complication of the story? 3
-
Pengondisian: Kalian adalah staf pada biro perjalanan wisata di kota kalian. Hariini kalian menerima panggilan telepon dariPT Adiyaksa Utama, In. Bayangkara No. 45A , Samarinda. Isi pesannya memberitahukan bahwa Bapak Budi Waluyo, Pimpinan PT Adiyaksa Utama akan melakukan konfirmasi kesediaan pimpinan travel atau tour organizer pada biro perjalanan yang dipimpinnya untuk hadir memberikan presentasi beberapa paket wisata yang ada di kota kalian. Undangan presentasi dilakukan pada hari Rabu , 2 minggu setelah telepon diterima, di Ruang Rapat 1 PT Adiyaksa Utama, pukul 12.30 WITA. Tugas kalian ialah sebagai berikut. 1. Buatlah konsep percakapan telepon dari kasus di atas!