Pertanyaan

2. Pak Valen adalah guru merupakan guru kelas pada suatu SD .Pak valen ingin menyampaikan materi tentang "kubus dan balok"pak valen membagi siswa dalam kelompok yang beranggotan 5 orang peserta didik ,dengan pembelajaran berkelompok diharapkan peserta didik mampu menyebutkan unsur-unsur kubus dan balok dengautup dn benar .waktu berdiskusi untuk mengerjakan LKPD adalah menit .setelah diskusi kelompok salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok .selanjutnya guru menutup diskusi kelompok dan melanjutkan aktifitas pembelajaran Dari ilustrasi diatas,maka : a. Tuliskan pendapat anda apakah kegiatan pembelajaran yang dilakukan pak Valen memenuhi syarat-syarat sebagai diskusi kelompok kecil ?berikat alas an jawaban anda! b. Tuliskan komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil yang harus dikuasai pak Valen agar bimbingan diskusi kelompok menjadi efektif!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.3 (367 Suara)
Qasid veteran ยท Tutor selama 9 tahun

Jawaban

**a. Apakah kegiatan pembelajaran Pak Valen memenuhi syarat-syarat diskusi kelompok kecil?**Kegiatan pembelajaran Pak Valen sebagian besar memenuhi syarat diskusi kelompok kecil, tetapi ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Berikut analisisnya:**Syarat yang terpenuhi:*** **Pembagian kelompok:** Pak Valen membagi siswa menjadi kelompok kecil beranggotakan 5 orang, sesuai dengan prinsip diskusi kelompok kecil yang menekankan interaksi dan partisipasi aktif setiap anggota.* **Tujuan yang jelas:** Tujuan diskusi, yaitu menyebutkan unsur-unsur kubus dan balok dengan tepat, sudah terdefinisi dengan baik.* **Waktu terbatas:** Adanya batasan waktu untuk diskusi menunjukkan adanya pengelolaan waktu yang baik, meskipun durasi waktu tidak disebutkan.* **Presentasi hasil diskusi:** Presentasi hasil diskusi memungkinkan kelompok untuk mempresentasikan pemahaman mereka dan menerima umpan balik.**Syarat yang kurang terpenuhi:*** **Peran guru sebagai fasilitator:** Ilustrasi kurang menjelaskan peran aktif Pak Valen sebagai fasilitator. Diskusi kelompok kecil yang efektif membutuhkan guru yang aktif membimbing, memberikan pertanyaan pemantik, mengarahkan diskusi, dan memastikan semua anggota terlibat aktif. Ilustrasi hanya menyebutkan guru menutup diskusi setelah presentasi, tanpa menjelaskan intervensi guru selama proses diskusi berlangsung.* **LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik):** Meskipun disebutkan LKPD, ilustrasi tidak menjelaskan isi dan desain LKPD tersebut. LKPD yang dirancang dengan baik akan sangat membantu terlaksananya diskusi yang terarah dan efektif. LKPD yang kurang terstruktur dapat menyebabkan diskusi menjadi tidak fokus.* **Evaluasi dan umpan balik:** Ilustrasi tidak menyebutkan adanya evaluasi terhadap hasil diskusi kelompok selain presentasi. Umpan balik yang komprehensif dari guru kepada setiap kelompok penting untuk memastikan pemahaman konsep yang benar.**Kesimpulan:**Kegiatan pembelajaran Pak Valen menunjukkan upaya untuk menerapkan diskusi kelompok kecil, namun masih perlu ditingkatkan dengan memperhatikan peran guru sebagai fasilitator yang aktif, desain LKPD yang terstruktur, dan mekanisme evaluasi dan umpan balik yang komprehensif.**b. Komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil yang harus dikuasai Pak Valen:**Agar bimbingan diskusi kelompok kecil menjadi efektif, Pak Valen perlu menguasai beberapa komponen keterampilan berikut:* **Perencanaan:** Membuat rencana pembelajaran yang terstruktur, termasuk tujuan pembelajaran yang jelas, pembagian kelompok yang efektif, desain LKPD yang terarah, dan alokasi waktu yang tepat.* **Memulai diskusi:** Memberikan pengantar yang menarik dan jelas, menjelaskan tujuan diskusi, dan memberikan pertanyaan pemantik yang merangsang pemikiran kritis.* **Memfasilitasi diskusi:** Membimbing diskusi agar tetap fokus pada topik, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan, mendorong partisipasi semua anggota kelompok, mengelola konflik yang mungkin muncul, dan memastikan semua anggota memahami konsep yang dibahas.* **Menggunakan teknik bertanya:** Menguasai berbagai teknik bertanya, seperti pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, pertanyaan klarifikasi, dan pertanyaan evaluatif, untuk mendorong pemikiran kritis dan pemahaman yang mendalam.* **Memberikan umpan balik:** Memberikan umpan balik yang konstruktif dan spesifik kepada setiap kelompok, baik selama maupun setelah diskusi, untuk memperbaiki pemahaman dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis.* **Menutup diskusi:** Merangkum poin-poin penting yang telah dibahas, memberikan kesimpulan, dan memberikan tugas tindak lanjut jika diperlukan.* **Pengelolaan waktu:** Mengelola waktu diskusi secara efektif agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik.* **Pengamatan dan penilaian:** Mampu mengamati proses diskusi dan menilai pemahaman siswa terhadap materi.Dengan menguasai komponen keterampilan di atas, Pak Valen dapat membimbing diskusi kelompok kecil yang efektif dan memastikan siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.