Pertanyaan

Penerapan perilaku tahărah atau bersuci dalam keseharian ditunjukkan oleh pernyataan.... a. Hakam mandi setiap kali hendak melaksanakan ibadah șalat b. Luthfia mengajak keluarganya berolahraga bersama setiap pagi c. Zaki mencuci piring dan gelas yang la pakai setelah makan malam d. Hanum langsung mengepel lantai setelah tetangganya pulang bertamu Perhatikan hikmah țahărah berikut! Menjaga kebersihan badan. Sarana mendekatkan dirikepada Allah Swt. Menghindarkan keluarga dari penyakit. Melestarikan alam sekitar: Menjadikan lingkungan bersih dan nyaman. Hikmah țahărah bagi kehidupan sosial ditunjukkan oleh angka.... a. 1), 2), dan 3) b. 1), 3), dan 4) c. 2), 4), dan 5) d. 3), 4), dan 5) Makfi hendak membuang sampah. Tiba-tiba ia melihat tetangganya membuang sampah di sungai. Sebagai orang yang menyadari pentingnya menjaga kebersihan, Makfi sebaiknya a. menegur tetangga tersebut dengan sopan b. membiarkan saja karena itu haknya c. ikut membuang sampah di sungai d. melaporkan tindakan tetangganya kepada ketua RT Azizah sedang makan makanan ringan bersama adiknya. Setelah selesai, ia melihat adiknya meninggalkan sampah plastik bekas bungkus makanan di lantai. Azizah sebaiknya .... a. menasihati adik untuk mengambil plastik dan membuangnya di tempat sampah b. membiarkan perilaku adik karena ia masih kecil dan belum mengetahui kesalahannya c. segera mengambil sendiri dan membuangkan plastik di tempat sampah d. segera memarahi adik dan meminta ibu membuangkan plastik Perilaku menjaga kebersihan badan tampak pada pernyataan .... a. Nayla membersihkan halaman rumah b. Najwa mencuci tangan dengan sabun c. Reza mengikuti kegiatan kerja bakti d. Angga mencuci pakaian yang kotor Fathoni bersuci dengan melakukan istinsyay saat ber-wudụ: Manfaat yang dapat dirasakan Fathoni adalah.... a. mengangkat kotoran dari muka b. membuat mulut segar dan bersih c. menghilangkan kotoran dari hidung d. membersihkan kedua lubang telinga Perhatikan tabel berikut! No, Rorilaka Menjagd Kebarahan (X) ) Rorilaka Menjagd Kebarahan (X) ) Manfrat (Y) 1. Saima berwudõ se- belum melaksanakan saiat. Saima berwudõ se- belum melaksanakan saiat. Ibadah monjadi khusyuk. Ibadah monjadi khusyuk. 2. Latif mandi dua kali sehari. Latif mandi dua kali sehari. Menghilangkan kotoran dan bakteri di badan. Menghilangkan kotoran dan bakteri di badan. 3. Rahma mencucl pakaian yang kotor. Rahma mencucl pakaian yang kotor. Meriyucikan diri dari hadas ketika lidak ada aif. Meriyucikan diri dari hadas ketika lidak ada aif. 4. Zaki beristinja' dengan tisu basah. Zaki beristinja' dengan tisu basah. Menghindarkan diri dari penyakit kulit. Menghindarkan diri dari penyakit kulit. No, "Rorilaka Menjagd Kebarahan (X) )" Manfrat (Y) 1. "Saima berwudõ se- belum melaksanakan saiat." "Ibadah monjadi khusyuk." 2. "Latif mandi dua kali sehari." "Menghilangkan kotoran dan bakteri di badan." 3. "Rahma mencucl pakaian yang kotor." "Meriyucikan diri dari hadas ketika lidak ada aif." 4. "Zaki beristinja' dengan tisu basah." "Menghindarkan diri dari penyakit kulit." Perilaku menjaga kebersihan (X) dan manfaatnya (Y) terdapat pada pasangan .... b. X1 ( -Y 2), X2 ) -Y(3),X3 )-Y1), dan X4 ) -Y4 ) c. X1)-(3 ), X 2) -Y4 ), X3 ) -Y1 ), dan X4 ) -Y (2) 10. Perhatikan cerita berikut! Fitria sedang membuat kerajinan kendi dari tanah liat bersama teman-temannya. Tiba-tiba azan Asar berkumandang. Fitria pun segera mengajak teman-temannya melaksanakan șalat berjamaah. Mereka segera membasuh tangan đan berwựu. Menurut cerita tersebut Fitria merasakan salah satu hikmah țahârah, yaitu.... a. terhindar dari penyakit b. menjaga kebersihan lingkungan c. menambah kekhusyukan beribadah d. terbiasa hidup bersih dalam keseharian B. Kerjakan soal-soal berikut: Sebutkan tiga hikmah menjaga kebersihan di lingkungan keluarga! Mengapa perilaku hidup bersih dapat menambah kekhusyukan dalam melaksanakan șalat? 40 Pendidikan Agama Isiam dan Budi Pakert Kolae Vu Semartact

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (198 Suara)
Putri Wulandari profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban

3. a 4. b 5. a 6. a 7. b 8. c 9. d 10. c B.1. Mencegah penyebaran penyakit, Meningkatkan kualitas hidup, Membangun hubungan sosial yang baik B.2. Kekhusyukan dalam salat tercapai ketika seseorang bisa fokus dan konsentrasi dalam ibadahnya, dan kebersihan membantu menciptakan kondisi mental dan fisik yang optimal untuk itu.

Penjelasan

3. Pilihan 'a' menggambarkan penerapan perilaku taharah dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mandi sebelum ibadah salat. 4. Pilihan 'b' mencakup hikmah taharah bagi kehidupan sosial, yaitu menjaga kebersihan badan, menghindarkan keluarga dari penyakit, dan melestarikan alam sekitar. 5. Pilihan 'a' menunjukkan tindakan yang tepat untuk menjaga kebersihan lingkungan, yaitu menegur tetangga yang membuang sampah di sungai. 6. Pilihan 'a' menunjukkan tindakan yang tepat untuk mengajarkan adik tentang kebersihan, yaitu menasihati untuk membuang sampah di tempatnya. 7. Pilihan 'b' menggambarkan perilaku menjaga kebersihan badan, yaitu mencuci tangan dengan sabun. 8. Pilihan 'c' menjelaskan manfaat istinsyaq dalam wudhu, yaitu menghilangkan kotoran dari hidung. 9. Pilihan 'd' adalah pasangan yang benar antara perilaku menjaga kebersihan (X) dan manfaatnya (Y) berdasarkan tabel yang diberikan. 10. Pilihan 'c' mencerminkan hikmah taharah yang dirasakan Fitria, yaitu menambah kekhusyukan beribadah. B.1. Tiga hikmah menjaga kebersihan di lingkungan keluarga adalah mencegah penyebaran penyakit, meningkatkan kualitas hidup, dan membangun hubungan sosial yang baik. B.2. Perilaku hidup bersih dapat menambah kekhusyukan dalam melaksanakan salat karena membantu menciptakan kondisi yang kondusif untuk fokus dan konsentrasi dalam ibadah.