Pertanyaan
1. Setelah kita mengumpulkan data melalui berbagai teknik sesuai dengan tujuan PTK, Kita harus menganalisis dan menginterpretasikan data tersebut agar menjadi lebih Bermakna. a. Jelaskanlah perbedaan antara analisis data dengan interprestasi data? b. Terangkanlah manfaat interpretasi data pada akhir laporan PTK!
Solusi
Jawaban
alisis data dan interpretasi data merupakan dua tahapan penting dalam penelitian, termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Meskipun seringkali digunakan secara bergantian, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.**a. Perbedaan Analisis Data dan Interpretasi Data:*** **Analisis Data:** Analisis data adalah proses pengorganisasian, pengurutan, dan meringkas data mentah yang telah dikumpulkan. Tahap ini melibatkan penggunaan metode statistik deskriptif (misalnya, menghitung rata-rata, median, modus, frekuensi, persentase) atau inferensial (misalnya, uji t, ANOVA) untuk mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan dalam data. Tujuannya adalah untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebih mudah dipahami dan diinterpretasikan. Hasil analisis data biasanya berupa tabel, grafik, atau angka-angka statistik. Analisis data bersifat *objektif*, fokusnya pada data itu sendiri.* **Interpretasi Data:** Interpretasi data adalah proses memberikan makna dan arti pada hasil analisis data. Tahap ini melibatkan menghubungkan temuan analisis data dengan teori, literatur, dan konteks penelitian. Interpretasi data menjawab pertanyaan "Apa artinya hasil analisis ini?" dan "Apa implikasinya?". Interpretasi data bersifat *subjektif*, meskipun harus tetap berdasar pada data dan analisis yang objektif. Interpretasi data melibatkan penalaran, pertimbangan, dan pemahaman yang mendalam terhadap data dan konteksnya.**Contoh:**Misalnya, analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa setelah diterapkan suatu metode pembelajaran baru meningkat sebesar 15%. Ini adalah hasil analisis data (objektif). Interpretasi data akan menjelaskan *mengapa* peningkatan tersebut terjadi. Apakah peningkatan tersebut signifikan secara statistik? Apakah peningkatan tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran baru atau faktor lain? Apakah peningkatan tersebut sesuai dengan harapan dan teori yang mendasari metode pembelajaran tersebut? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini merupakan interpretasi data (subjektif, tetapi berdasar data).**b. Manfaat Interpretasi Data pada Akhir Laporan PTK:**Interpretasi data pada akhir laporan PTK sangat penting karena beberapa alasan:* **Memberikan Makna pada Temuan:** Analisis data hanya memberikan gambaran numerik atau deskriptif. Interpretasi data memberikan makna dan arti pada temuan tersebut, menghubungkannya dengan tujuan penelitian dan konteks PTK.* **Menarik Kesimpulan yang Bermakna:** Interpretasi data memungkinkan peneliti untuk menarik kesimpulan yang valid dan bermakna berdasarkan temuan penelitian. Kesimpulan ini harus didukung oleh data dan analisis yang telah dilakukan.* **Memberikan Rekomendasi yang Tepat:** Interpretasi data yang baik akan menghasilkan rekomendasi yang tepat dan relevan untuk meningkatkan praktik pembelajaran atau memecahkan masalah yang diteliti.* **Meningkatkan Kredibilitas Laporan PTK:** Interpretasi data yang komprehensif dan akurat akan meningkatkan kredibilitas dan kualitas laporan PTK. Hal ini menunjukkan bahwa peneliti memahami data dan mampu menganalisis serta menginterpretasikannya dengan baik.* **Memberikan Kontribusi pada Pengembangan Ilmu Pengetahuan:** Interpretasi data yang baik dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan, khususnya dalam konteks PTK yang dilakukan.Singkatnya, analisis data menyediakan *apa* yang terjadi, sedangkan interpretasi data menjelaskan *mengapa* hal itu terjadi dan *apa artinya*. Keduanya saling melengkapi dan sama-sama penting untuk menghasilkan laporan PTK yang berkualitas dan bermakna.