Pertanyaan
an Alalt Sementer benart Berdasarkuin pernyataan di atas, keberadaan homputer sebagai hóspital administration system sangat membantu yang erat kaitannya dalam komponen yang ditunjukkan pada nomor a. (1) chan (3) b. (2) dan (4) a. (1), (2), dan (3) d. (2), (3), dan (4) 7. Guna menambahkan perintah perubahan tampilan smile pada pengimplementasian perintah Changing Costumo to Animated menggunakan a. Back costume b. Continue switch c. Next costumo d. Switch backdrop to 8. Penggtrnaan istilah paperiess society untuk pertama kalinya dikenalkan oleh seorang pakar informasi Inggris bemama a. Dr. Rajiv Prasad Khan b. Frederick Wilfrid Lancestor c. Jeannete M. Wing d. Mark Zuckenberg (2) Mengatur pergerakan di dalam objek untuk mengulangi perintah gerakan secara terus-menerus (3) Menampilkan dan menyembunyikan perintah-perintah tertentu pada projek yang dibuat. (4) Berhenti dengan kondisi yang diinginkan Berdasarkan pernyataan di atas, perintah yang ada di blok control menjelaskan tentang cara yang ditunjukkan pada nomor .... a. (1) dan (3) b. (2) dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (2), (3), dan (4) 10. Salah satu penyebab utama sulitnya melakukan berkolaborasi adalah .... a. pola aktivitas masyarakat pun juga ikut berubah, mengingat mereka sudah menjadi bagian dari masyarakat modern. b. munculnya wacana tidak lagi menggunakan kertas sebagai media tulis, baca, dan pertukaran informasi. c. kecanggihan teknologi tersebut kurang membantu kerja manusia. d. adanya hambatan atau tantangan didalam proses komunikasi 11. Guna membuat akun di scratch diawali dengan click link .... a. Making Scratch c. Follow Scratch b. Join Scratch d. Design Scratch
Solusi
Jawaban
7.c 8.b 9.d 10.d 11.b
Penjelasan
Pertanyaan ini mencakup berbagai topik dalam ilmu komputer, khususnya penggunaan platform pembelajaran dan pengembangan seperti Scratch, konsep paperless society, dan tantangan dalam kolaborasi online. Pertanyaan nomor 7 berkaitan dengan fungsi dalam Scratch untuk mengubah tampilan sprite, sementara nomor 8 menanyakan tentang individu yang pertama kali memperkenalkan istilah "paperless society". Nomor 9 menguji pemahaman tentang blok kontrol dalam Scratch dan aplikasinya. Nomor 10 menanyakan tentang salah satu tantangan utama dalam berkolaborasi, dan nomor 11 tentang langkah awal membuat akun di Scratch.