Pentingnya Kegiatan Sapa Pagi dalam Meningkatkan Profil Pelajar Rahmatan lill Alamin
Kegiatan Sapa Pagi merupakan salah satu bentuk pengamalan Profil Pelajar Rahmatan lill Alamin di Madrasah B. Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, Indah, seorang pengurus OSIS, mendapat tugas untuk menjadi Petugas Pagi. Kegiatan ini dimulai pukul 06.15 hingga 06.30 WIB. Indah selalu hadir di madrasah pukul 06.00 WIB untuk mempersiapkan diri. Kegiatan Sapa Pagi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan Profil Pelajar Rahmatan lill Alamin. Salah satu aspek dari Profil Pelajar Rahmatan lill Alamin adalah tasamuh, yang berarti sikap toleransi. Melalui kegiatan Sapa Pagi, Indah dapat berinteraksi dengan siswa-siswa lainnya dan menyapa mereka dengan ramah. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang harmonis dan penuh toleransi di madrasah. Selain itu, kegiatan Sapa Pagi juga mencerminkan tawasuth, yang berarti sikap moderat. Indah sebagai Petugas Pagi harus memastikan bahwa semua siswa tiba tepat waktu dan siap untuk memulai hari belajar. Dengan menjadi teladan yang baik, Indah mengajarkan siswa-siswa lainnya tentang pentingnya disiplin dan tanggung jawab. Kegiatan Sapa Pagi juga melibatkan qudwah, yang berarti sikap teladan. Indah harus menunjukkan sikap yang baik dan sopan kepada siswa-siswa lainnya. Dengan menjadi Petugas Pagi yang bertanggung jawab, Indah memberikan contoh yang baik bagi siswa-siswa lainnya untuk mengikuti. Terakhir, kegiatan Sapa Pagi juga melibatkan syura, yang berarti sikap partisipatif. Indah sebagai Petugas Pagi harus bekerja sama dengan siswa-siswa lainnya dan guru-guru untuk menjalankan kegiatan ini dengan baik. Melalui diskusi dan kolaborasi, Indah dapat memberikan masukan dan ide-ide yang bermanfaat untuk meningkatkan kegiatan Sapa Pagi. Secara keseluruhan, kegiatan Sapa Pagi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan Profil Pelajar Rahmatan lill Alamin. Melalui kegiatan ini, Indah dapat mengamalkan nilai-nilai tasamuh, tawasuth, qudwah, dan syura. Dengan menjadi teladan yang baik, Indah membantu menciptakan lingkungan madrasah yang harmonis, disiplin, dan penuh partisipasi.