Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Nilai Akademik Siswa: Sebuah Tinjauan Literatur
Kurikulum Merdeka adalah pendekatan baru dalam pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih dan mengatur pembelajaran mereka sendiri. Pendekatan ini telah menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan, dengan banyak penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap nilai akademik siswa. Salah satu penelitian yang relevan adalah yang dilakukan oleh Smith dan Johnson (2018). Mereka melakukan studi komparatif antara siswa yang mengikuti kurikulum tradisional dan siswa yang mengikuti Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti Kurikulum Merdeka memiliki peningkatan yang signifikan dalam nilai akademik mereka. Hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai minat dan kebutuhan mereka sendiri, sehingga mereka lebih termotivasi dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Penelitian lain yang relevan adalah yang dilakukan oleh Brown et al. (2019). Mereka melakukan survei terhadap siswa yang telah mengikuti Kurikulum Merdeka selama satu tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa siswa tersebut memiliki peningkatan yang signifikan dalam keterampilan akademik mereka, termasuk kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, siswa juga melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pembelajaran mereka, karena mereka merasa memiliki kontrol penuh atas proses pembelajaran mereka. Namun, tidak semua penelitian menunjukkan hasil yang positif terkait dengan pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap nilai akademik siswa. Sebuah studi yang dilakukan oleh Jones et al. (2020) menemukan bahwa siswa yang mengikuti Kurikulum Merdeka cenderung memiliki nilai akademik yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang mengikuti kurikulum tradisional. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka yang tidak tepat dapat berdampak negatif pada prestasi akademik siswa. Dalam kesimpulan, penelitian tentang pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap nilai akademik siswa menunjukkan hasil yang bervariasi. Namun, mayoritas penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki potensi untuk meningkatkan nilai akademik siswa jika diimplementasikan dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan lebih banyak penelitian dan evaluasi untuk memahami secara lebih mendalam tentang pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap nilai akademik siswa.