Refleksi pada Tahap "What" dalam Proses Mengajar pada Pelajaran PJOK

essays-star 4 (231 suara)

Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam pendidikan di sekolah. Proses mengajar dalam pelajaran PJOK melibatkan berbagai tahapan, salah satunya adalah tahap "what". Tahap "what" dalam proses mengajar berfokus pada apa yang diajarkan kepada siswa. Dalam konteks pelajaran PJOK, tahap "what" dapat diartikan sebagai penjelasan dan penjabaran materi yang terkait dengan kesehatan, olahraga, dan kebugaran. Dalam tahap "what", guru perlu memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dengan tujuan pembelajaran. Tujuan utama dari pelajaran PJOK adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran siswa. Oleh karena itu, materi yang diajarkan harus berkaitan dengan topik-topik seperti kesehatan jantung, latihan kardiovaskular, teknik pernapasan, dan sebagainya. Guru juga perlu memastikan bahwa materi yang diajarkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Selain itu, dalam tahap "what", guru juga perlu memperhatikan cara penyampaian materi. Guru harus mampu menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan visualisasi, demonstrasi, dan contoh-contoh konkret. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan interaksi dengan siswa dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam proses belajar. Dalam refleksi ini, penting untuk diingat bahwa tahap "what" dalam proses mengajar pada pelajaran PJOK hanya merupakan salah satu tahapan dalam proses belajar mengajar yang lebih luas. Tahap "what" harus diikuti dengan tahap "how" dan "why" untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya memahami apa yang diajarkan, tetapi juga bagaimana dan mengapa hal tersebut penting. Dengan demikian, proses belajar mengajar dalam pelajaran PJOK dapat berjalan secara efektif dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.