Menguak Makna Kekuasaan dalam Leviathan dan Islam

essays-star 4 (265 suara)

Kekuasaan adalah konsep yang kompleks dan multifaset yang telah menarik perhatian para filsuf, teolog, dan ilmuwan politik selama berabad-abad. Dari istana penguasa hingga halaman kitab suci, sifat dan makna kekuasaan telah diperdebatkan dan ditafsirkan dalam berbagai cara. Dua perspektif yang menawarkan wawasan mendalam tentang subjek ini adalah risalah filosofis Thomas Hobbes, Leviathan, dan ajaran-ajaran Islam sebagaimana yang tertuang dalam Al-Qur'an dan Hadits.

Hobbes, seorang filsuf Inggris abad ke-17, terkenal karena mahakaryanya Leviathan, di mana ia mengemukakan teori kontrak sosial dan memberikan argumen yang kuat untuk kekuasaan absolut yang berdaulat. Dalam keadaan alami Hobbesian, kehidupan manusia ditandai dengan anarki dan perang semua melawan semua, di mana individu didorong oleh keinginan egois mereka dan ketakutan akan kematian yang terus-menerus. Dalam keadaan kacau seperti itu, tidak ada moralitas, keadilan, atau ketertiban sosial.

Landasan Kekuasaan dalam Leviathan

Untuk melepaskan diri dari eksistensi yang brutal ini, Hobbes berpendapat bahwa individu menyerahkan hak-hak alami mereka kepada penguasa yang berdaulat melalui kontrak sosial. Penguasa ini, yang dapat berupa individu atau majelis, diberikan kekuasaan absolut untuk menegakkan hukum, menjaga ketertiban, dan melindungi warga negara dari ancaman internal maupun eksternal. Kekuasaan Leviathan, menurut Hobbes, berasal dari persetujuan yang diperintah, yang menyerahkan kebebasan mereka dengan imbalan keamanan dan stabilitas.

Konsep kekuasaan Hobbesian bersifat utilitarian dan berpusat pada kebutuhan untuk mengendalikan sifat manusia yang merusak. Dia percaya bahwa tanpa kekuasaan absolut dari seorang penguasa, masyarakat akan runtuh ke dalam kekacauan dan kekerasan. Leviathan bertindak sebagai kekuatan yang tangguh, mampu menekan perbedaan individu dan menegakkan tatanan sosial.

Perspektif Islam tentang Kekuasaan

Sebaliknya, Islam menawarkan perspektif yang berbeda tentang kekuasaan, yang menekankan akuntabilitas, keadilan, dan kepercayaan. Dalam pemikiran Islam, kekuasaan pada akhirnya berasal dari Tuhan (Allah), Sang Pencipta dan Pemelihara segala sesuatu. Semua bentuk otoritas duniawi dianggap sebagai amanah dari Tuhan, dan mereka yang memegang kekuasaan dimintai pertanggungjawaban atas tindakan mereka kepada-Nya.

Al-Qur'an, kitab suci Islam, dengan tegas menyatakan bahwa Tuhan adalah sumber dari semua kekuasaan dan otoritas: "Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan! Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. 3:26)

Tanggung Jawab dan Batasan Kekuasaan dalam Islam

Ayat ini menyoroti sifat kekuasaan yang diberikan Tuhan dan menekankan bahwa itu bukanlah hak bawaan dari penguasa duniawi mana pun. Sebaliknya, itu adalah kepercayaan suci yang membawa tanggung jawab dan akuntabilitas yang besar. Pemimpin Muslim diharapkan untuk menjalankan kekuasaan mereka dengan adil, bijaksana, dan sesuai dengan hukum Islam.

Lebih lanjut, Islam mengakui pentingnya membatasi kekuasaan dan supremasi hukum. Nabi Muhammad (saw), yang merupakan teladan bagi umat Islam, menekankan perlunya keadilan dan keadilan dalam semua urusan, termasuk pemerintahan. Dalam salah satu haditsnya yang terkenal, beliau bersabda: "Orang-orang yang paling dicintai Allah adalah mereka yang paling adil."

Prinsip-prinsip keadilan, akuntabilitas, dan supremasi hukum membentuk dasar bagi pemerintahan Islam. Kekuasaan, dalam pemikiran Islam, bukanlah tujuan itu sendiri tetapi sarana untuk mencapai keadilan sosial, kesejahteraan, dan bimbingan spiritual bagi semua.

Sebagai kesimpulan, Leviathan karya Hobbes dan ajaran-ajaran Islam menawarkan perspektif yang kontras tentang sifat dan makna kekuasaan. Sementara Hobbes berpendapat untuk kekuasaan absolut yang berdaulat sebagai sarana untuk mengendalikan sifat manusia yang merusak, Islam memandang kekuasaan sebagai amanah dari Tuhan, yang tunduk pada akuntabilitas, keadilan, dan supremasi hukum. Kedua perspektif memberikan wawasan berharga tentang kompleksitas kekuasaan dan implikasinya bagi tatanan sosial dan kesejahteraan manusia.