Menjelajahi Pengalaman dengan Peserta Didik yang Disabilitas Sensorik Netra dan Rungu
Pengalaman saya dengan peserta didik yang disabilitas sensorik netra dan rungu telah menjadi perjalanan yang penuh tantangan dan keberhasilan. Sebagai seorang guru, saya telah memiliki kesempatan untuk bekerja dengan beberapa peserta didik yang memiliki kecacatan ini, dan saya harus mengakui bahwa itu telah menjadi pengalaman yang sangat memuaskan. Salah satu tantangan terbesar yang saya temukan adalah mengatasi kurangnya kemampuan sensorik mereka. Peserta didik yang netra dan rungu sering kali tidak mampu melihat atau mendengar, yang membuat sulit bagi mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelas., saya telah menemukan bahwa dengan menggunakan teknologi dan metode alternatif, saya dapat membantu mereka tetap terlibat dan belajar bersama siswa lain. Salah satu keberhasilan terbesar saya adalah melihat peserta didik yang netra dan rungu mengatasi tantangan mereka dan mencapai tujuan mereka. Saya telah melihat mereka belajar cara menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sebaya mereka, dan saya telah melihat mereka mengambil peran kepemimpinan dalam kelas. Itu adalah momen-momen seperti itu yang membuat semua kerja keras dan dedikasi saya layak. Secara keseluruhan, pengalaman saya dengan peserta didik yang netra dan rungu telah menjadi pengalaman yang sangat memuaskan. Saya telah belajar banyak tentang kecacatan dan bagaimana cara membantu mereka mencapai potensi penuh mereka. Saya percaya bahwa setiap peserta didik, terlepas dari kecacatan mereka, layak mendapatkan kesempatan untuk belajar dan tumbuh, dan saya bersyukur bisa menjadi bagian dari perjalanan mereka.