Laporan Observasi Platform Merdeka Mengajar
Pendahuluan: Platform Merdeka Mengajar adalah sebuah platform online yang mempertemukan guru sukarelawan dengan siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam belajar. Saya melakukan observasi terhadap platform ini untuk mengevaluasi efektivitas dan manfaatnya bagi siswa. Bagian: ① Antarmuka Pengguna: Platform Merdeka Mengajar memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Siswa dapat dengan mudah mencari guru sukarelawan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan mengatur jadwal belajar. ② Kualitas Materi Pembelajaran: Materi pembelajaran yang disediakan oleh guru sukarelawan di Platform Merdeka Mengajar memiliki kualitas yang baik. Materi tersebut disusun dengan baik dan mudah dipahami oleh siswa. ③ Interaksi Guru-Siswa: Interaksi antara guru sukarelawan dan siswa di Platform Merdeka Mengajar sangat positif. Guru sukarelawan memberikan bimbingan yang baik dan memberikan perhatian penuh kepada siswa. Siswa merasa nyaman untuk bertanya dan berdiskusi dengan guru sukarelawan. ④ Kemajuan Siswa: Platform Merdeka Mengajar telah membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman mereka dalam berbagai mata pelajaran. Siswa melaporkan peningkatan nilai dan kepercayaan diri setelah menggunakan platform ini. Kesimpulan: Platform Merdeka Mengajar adalah sebuah platform yang efektif dan bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan pemahaman mereka dalam berbagai mata pelajaran. Antarmuka pengguna yang intuitif, kualitas materi pembelajaran yang baik, interaksi yang positif antara guru sukarelawan dan siswa, serta kemajuan siswa yang terlihat, menjadikan platform ini sebagai pilihan yang baik bagi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam belajar.