Pengalaman dalam Proses Pembimbingan kepada Calon Guru Penggerak

essays-star 4 (299 suara)

Saya baru-baru ini memiliki kesempatan untuk melakukan proses pembimbingan kepada sekelompok calon guru penggerak. Waktu kejadian ini terjadi pada bulan Agustus 2022, di mana saya diminta untuk membimbing sekelompok calon guru dalam menghadapi ujian seleksi guru penggerak. Tujuan utama dari bimbingan ini adalah untuk membantu calon guru memahami materi yang akan diujikan dan mempersiapkan diri secara optimal. Selama proses bimbingan, saya berinteraksi dengan sekelompok calon guru yang terdiri dari individu-individu yang bersemangat dan berdedikasi untuk menjadi guru penggerak. Mereka sangat antusias dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dalam bidang pendidikan. Saya merasa terdorong untuk memberikan bimbingan kepada mereka karena saya percaya bahwa mereka memiliki potensi besar untuk menjadi guru penggerak yang handal dan berkualitas. Untuk memastikan pemahaman peserta terhadap materi yang telah saya sampaikan, saya melakukan beberapa upaya. Pertama, saya memberikan penjelasan yang jelas dan rinci mengenai setiap topik yang akan diujikan. Saya juga memberikan contoh-contoh konkret untuk memudahkan pemahaman peserta. Selain itu, saya menyediakan materi tambahan seperti buku referensi dan sumber daya online yang dapat digunakan oleh peserta untuk memperdalam pemahaman mereka. Selain itu, saya juga melakukan sesi tanya jawab untuk menjawab segala pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh peserta. Saya mendorong mereka untuk mengajukan pertanyaan secara terbuka dan jujur agar mereka dapat memahami materi dengan lebih baik. Selain itu, saya juga memberikan umpan balik dan saran kepada peserta mengenai cara memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi dalam ujian. Selain membimbing calon guru dalam memahami materi, saya juga melakukan sesi bimbingan tambahan untuk peserta yang saya anggap memerlukan perhatian lebih. Saya memberikan bimbingan tambahan kepada peserta yang mengalami kesulitan dalam memahami beberapa topik atau yang memerlukan bantuan tambahan dalam mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam ujian. Hasil dari proses bimbingan ini sangat memuaskan. Peserta menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap materi yang telah saya sampaikan. Mereka juga menunjukkan peningkatan keterampilan yang diperlukan dalam ujian. Selain itu, saya juga melihat peningkatan motivasi dan kepercayaan diri di antara peserta, yang saya anggap sebagai faktor penting dalam kesu mereka dalam ujian seleksi guru penggerak. Selain itu, saya juga merasa terpenuhi sebagai seorang pembimbing karena saya dapat memberikan kontribusi positif dalam membantu calon guru menghadapi ujian seleksi guru penggerak. Saya merasa bangga dengan hasil yang telah dicapai dan berharap dapat terus memberikan bimbingan yang baik kepada peserta di masa depan. Dalam kesimpulannya, proses bimbingan kepada calon guru penggerak merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Saya merasa terdorong untuk memberikan bimbingan kepada mereka karena saya percaya bahwa mereka memiliki potensi besar untuk menjadi guru penggerak yang handal dan berkualitas. Upaya yang saya lakukan untuk memastikan pemahaman peserta terhadap materi yang telah saya sampaikan telah menghasilkan hasil yang memuaskan. Saya berharap dapat terus memberikan bimbingan yang baik kepada peserta di masa depan.