Perbedaan Struktur Laporan Hasil Observasi dan Wawancara di Kelas 10

essays-star 4 (203 suara)

Untuk menganalisis hasil wawancara di kelas 10, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Pertama, transkripsi jawaban responden secara lengkap dan akurat. Pastikan tidak ada informasi yang terlewatkan atau terdistorsi dalam proses transkripsi. Kedua, identifikasi pola atau tema yang muncul dari jawaban responden. Misalnya, jika beberapa responden menyebutkan faktor yang sama yang mempengaruhi pandangan mereka tentang topik tertentu, identifikasi faktor tersebut sebagai tema yang muncul. Ketiga, analisis jawaban responden dengan menghubungkannya dengan tujuan wawancara dan konteksnya. Misalnya, jika tujuan wawancara adalah untuk memahami perspektif siswa tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, analisis jawaban responden harus menggambarkan pandangan siswa tentang penggunaan teknologi dan bagaimana pandangan tersebut terkait dengan tujuan wawancara. Terakhir, buat kesimpulan berdasarkan analisis jawaban responden dan temuan yang relevan. Misalnya, jika analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa melihat teknologi sebagai alat yang dapat meningkatkan pembelajaran, kesimpulan dapat menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Apa perbedaan antara struktur laporan hasil observasi dan wawancara di kelas 10?

Jawab: Struktur laporan hasil observasi di kelas 10 biasanya terdiri dari pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Sedangkan struktur laporan hasil wawancara di kelas 10 biasanya terdiri dari pendahuluan, tujuan, pertanyaan wawancara, jawaban responden, analisis, dan kesimpulan.

Dalam kelas 10, siswa sering diminta untuk membuat laporan hasil observasi dan melakukan wawancara sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Struktur laporan hasil observasi dan wawancara memiliki perbedaan yang perlu dipahami. Laporan hasil observasi biasanya terdiri dari pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan, sedangkan laporan hasil wawancara biasanya terdiri dari pendahuluan, tujuan, pertanyaan wawancara, jawaban responden, analisis, dan kesimpulan. Dalam membuat laporan hasil observasi, penting untuk menjelaskan tujuan observasi, metode yang digunakan, hasil observasi, dan kesimpulan. Sementara itu, dalam menganalisis hasil wawancara, penting untuk mentranskripsi jawaban responden, mengidentifikasi pola atau tema yang muncul, menganalisis jawaban responden dengan menghubungkannya dengan tujuan wawancara, dan membuat kesimpulan berdasarkan analisis tersebut. Dengan pemahaman yang baik tentang perbedaan struktur laporan hasil observasi dan wawancara di kelas 10, siswa dapat menghasilkan laporan yang informatif dan analisis yang akurat.