Analisis Kegiatan Pembelajaran Terpadu dalam Pembelajaran Tema "Benda, Hewan, dan Tumbuhan di Sekitarku

essays-star 3 (273 suara)

Pada artikel ini, akan dianalisis kegiatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Bu Risa, seorang guru kelas 1 SD "Z", dalam pembelajaran tema "Benda, Hewan, dan Tumbuhan di Sekitarku". Kegiatan pembelajaran ini terintegrasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKN, dan SBDP. Kegiatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Bu Risa adalah melalui teks berjudul "Kucing Peliharaanku". Teks ini mengungkapkan tentang gerak anggota tubuh kucing serta cara pemeliharaan kucing. Bu Risa juga menggunakan media berupa video tentang gerakan anggota tubuh kucing. Dalam kegiatan pembelajaran ini, Bu Risa membimbing anak-anak untuk membaca teks dan mengklasifikasikan kalimat yang mengungkapkan penyampaian terima kasih serta kalimat yang mengungkapkan pernyataan ajakan. Selain itu, Bu Risa juga memberikan tugas kepada siswa untuk membuat laporan hasil pengamatan tentang gerakan anggota tubuh hewan peliharaan mereka. Kegiatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Bu Risa dapat diklasifikasikan ke dalam jenis-jenis landasan pembelajaran terpadu. Pertama, dari aspek Bahasa Indonesia, kegiatan ini mengintegrasikan KD 3 Bahasa Indonesia yang mencakup ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. Kedua, dari aspek PPKN, kegiatan ini mengintegrasikan KD 3 PPKN yang mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Dalam konteks ini, siswa diajak untuk memahami aturan dalam pemeliharaan hewan peliharaan, termasuk kucing. Ketiga, dari aspek SBDP, kegiatan ini mengintegrasikan KD 3 SBDP yang mengenal gerak anggota tubuh melalui tari. Meskipun tidak secara langsung terkait dengan tari, kegiatan ini memberikan pemahaman kepada siswa tentang gerakan anggota tubuh hewan, dalam hal ini gerakan anggota tubuh kucing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Bu Risa sudah sesuai dengan landasan-landasan pembelajaran terpadu. Kegiatan ini mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran, seperti Bahasa Indonesia, PPKN, dan SBDP, sehingga siswa dapat memperoleh pemahaman yang holistik dan terpadu tentang tema "Benda, Hewan, dan Tumbuhan di Sekitarku".