Manajemen Kapal: Tugas dan Pengoperasian
Manajemen kapal merupakan bagian integral dari operasi perusahaan pelayaran. Dalam konteks ini, Direktorat Operasi memiliki tugas pokok yang meliputi pengelolaan kegiatan operasional kapal. Selain tugas pokok tersebut, terdapat 5 tugas penting lainnya yang harus dilaksanakan oleh Direktorat Operasi guna memastikan kelancaran operasional kapal. Selanjutnya, Directorat Armada bertanggung jawab atas manajemen armada kapal. Tugas utama dari Directorat Armada adalah mengawasi kondisi fisik dan teknis kapal serta menyusun jadwal perawatan rutin. Selain itu, terdapat 5 tugas penting lainnya yang harus diperhatikan oleh Directorat Armada untuk menjaga kelaikan armada kapal. Peran Directorat Keuangan dalam pengoperasian kapal juga sangat vital. Mereka bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan terkait dengan operasional kapal, termasuk pengaturan biaya operasional dan perencanaan anggaran. Pengoperasian kapal melibatkan berbagai aspek, mulai dari perawatan mesin hingga navigasi. Cara-cara pengoperasian kapal harus dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan standar keselamatan maritim yang berlaku. Biaya tetap kapal (Running Costs) terdiri dari beberapa unsur, seperti biaya bahan bakar, gaji awak kapal, dan biaya asuransi. Sementara itu, biaya variabel (Voyage Costs) mencakup biaya tambahan yang timbul selama pelayaran, seperti biaya sandar di pelabuhan dan biaya bongkar muat. Jenis-jenis Charter yang umum digunakan dalam industri pelayaran antara lain Time Charter, Voyage Charter, dan Bareboat Charter. Setiap jenis charter memiliki karakteristik dan ketentuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan perusahaan pelayaran. Laycan merujuk pada rentang waktu dimana kapal dapat melakukan muatan di pelabuhan. Sedangkan Laydays adalah periode waktu yang disepakati untuk proses pemuatan dan pembongkaran muatan. Demurrage adalah denda yang harus dibayar apabila kapal melebihi batas waktu yang telah ditentukan untuk proses bongkar muat. Sementara Despatch adalah insentif yang diberikan kepada pemilik kapal jika proses bongkar muat selesai lebih cepat dari yang dijadwalkan.