Mendorong Refleksi Siswa dan Mendorong Pertanyaan di Kelas
Mendorong siswa untuk merenungkan pertanyaan mereka sendiri dapat menjadi kesempatan yang berharga bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Menurut pendidik John McCarthy, memberikan beberapa detik kelas untuk berpikir bersama setelah guru atau siswa mengajukan pertanyaan dapat memberikan waktu bagi siswa untuk merenungkan pertanyaan mereka dan mempertimbangkan tanggapan mereka dengan cara yang lebih bijaksana. Selain itu, penting untuk mencoba alternatif untuk frasa "Apakah ada pertanyaan?" karena dapat membuat siswa enggan bertanya dan tidak membantu guru mengevaluasi pemahaman siswa. Menurut pakar University of Chicago Center for Teaching Brandon Cline, frasa ini dapat membuat siswa enggan bertanya dan tidak membantu guru mengevaluasi apa yang mereka pahami. Sebaliknya, cobalah cara yang lebih memotivasi untuk mendapatkan pertanyaan. Misalnya, jika guru mengajari siswa cara mengajarkan PAK, guru dapat mengatakan, "Saya tahu PAK itu membosankan pada awalnya. Apakah ada yang harus kita tinjau lagi?" Pendekatan ini dapat mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan membantu guru mengevaluasi pemahaman mereka.