Pemahaman Kurikulum Matematika yang Otentik

essays-star 4 (318 suara)

Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah saat ini adalah adanya pergeseran radikal dalam konsep kurikulum matematika yang dianggap "otentik" oleh komunitas sains matematika. Istilah "otentik" digunakan di sini untuk menggambarkan kurikulum yang didasarkan pada filsafat konstruktivis sosial tentang matematika. Pergeseran ini telah mempengaruhi tujuan-tujuan akademik yang dianggap penting dalam pembelajaran matematika. Kurikulum matematika yang otentik menekankan pada pemahaman konsep matematika secara mendalam dan penerapannya dalam kehidupan nyata. Tujuan utama dari kurikulum ini adalah untuk mengembangkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir abstrak siswa. Dalam kurikulum ini, siswa tidak hanya diajarkan rumus dan teknik matematika, tetapi juga diajak untuk memahami konsep-konsep tersebut dan mengaplikasikannya dalam situasi nyata. Salah satu aspek penting dari kurikulum matematika yang otentik adalah penggunaan konteks nyata dalam pembelajaran. Siswa diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana matematika digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam masalah keuangan, statistik, atau ilmu pengetahuan. Dengan melibatkan siswa dalam situasi nyata, mereka dapat melihat relevansi dan kegunaan matematika dalam kehidupan mereka sendiri. Selain itu, kurikulum matematika yang otentik juga mendorong siswa untuk bekerja secara kolaboratif dan berpikir kritis. Mereka diajak untuk berdiskusi, berbagi ide, dan mencari solusi bersama. Dalam proses ini, siswa belajar untuk menghargai perspektif orang lain dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting. Namun, implementasi kurikulum matematika yang otentik tidaklah mudah. Guru perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep matematika dan kemampuan untuk menghubungkannya dengan dunia nyata. Selain itu, perlu ada dukungan dari pihak sekolah dan komunitas pendidikan untuk memastikan bahwa kurikulum ini dapat diimplementasikan dengan baik. Dalam kesimpulannya, kurikulum matematika yang otentik menawarkan pendekatan yang berbeda dalam pembelajaran matematika. Dengan menekankan pemahaman konsep dan penerapan dalam kehidupan nyata, kurikulum ini dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang penting. Namun, implementasinya membutuhkan dukungan dan pemahaman yang mendalam dari guru dan pihak sekolah.