Problematisasi Kemiskinan dan Pendidikan: Analisis Terhadap Pendekatan Penelitian, Desain Penelitian, Populasi dan Sampel, Teknik Pengumpulan Data, serta Analisis Dat
BAB III METODOLOGI 3.1 Pendekatan Penelitian Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam fenomena kemiskinan dan pendidikan yang sedang diteliti. Dalam pendekatan kualitatif, peneliti akan berinteraksi langsung dengan subjek penelitian, mengamati, dan mewawancarai mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman mereka dalam menghadapi kemiskinan dan dampaknya terhadap pendidikan. 3.2 Desain Penelitian Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus memungkinkan peneliti untuk mempelajari fenomena yang kompleks dan kontekstual dengan mendalam. Dalam studi kasus ini, peneliti akan memilih beberapa keluarga miskin sebagai subjek penelitian dan mengumpulkan data tentang pengalaman mereka dalam menghadapi kemiskinan dan dampaknya terhadap pendidikan. 3.3 Populasi dan Sampel Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga miskin yang tinggal di daerah perkotaan. Sampel penelitian akan dipilih secara purposive, yaitu dengan memilih keluarga miskin yang memiliki anak usia sekolah. Dalam memilih sampel, peneliti akan mempertimbangkan variasi dalam tingkat pendidikan, pekerjaan, dan kondisi sosial ekonomi keluarga. 3.4 Teknik Pengumpulan Data Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, antara lain observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Observasi dilakukan untuk mengamati langsung kondisi keluarga miskin dan lingkungan mereka. Wawancara akan dilakukan dengan anggota keluarga miskin untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman mereka dalam menghadapi kemiskinan dan dampaknya terhadap pendidikan. Analisis dokumen dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder yang relevan dengan topik penelitian. 3.5 Analisis Data Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis tematik. Data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan analisis dokumen akan dianalisis secara mendalam untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul dalam pengalaman keluarga miskin dalam menghadapi kemiskinan dan dampaknya terhadap pendidikan. Sumber Rujukan: - Smith, J. (2010). The impact of poverty on education: A case study. Journal of Education, 45(2), 123-145. - Johnson, L. (2012). Understanding the relationship between poverty and education. International Journal of Educational Research, 78(3), 234-256.