Pentingnya Menguasai Keterampilan Membaca dan Mendengarkan dalam Bahasa Indonesi

essays-star 4 (119 suara)

Dalam kurikulum 2013, terdapat beberapa kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas IX dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu kompetensi dasar yang penting adalah mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang disajikan dalam bentuk teks. Siswa harus mampu membaca dan mendengarkan laporan percobaan sederhana untuk dapat menentukan hal atau objek yang terkait dengan zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin yang ada dalam makanan, dan sebagainya. Selain itu, siswa juga harus mampu menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah-langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca. Mereka harus dapat mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca. Kemampuan ini akan membantu siswa dalam menentukan pernyataan isi yang sesuai dengan grafik yang disajikan atau informasi yang sesuai dengan isi tabel. Selanjutnya, siswa juga harus mampu mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerpen yang didengar dan dibaca. Mereka harus dapat menentukan latar sesuai dengan teks cerpen tersebut dan menentukan amanat yang sesuai dengan isi cerita tersebut. Selain itu, siswa juga harus mampu menentukan perbedaan tema pada dua teks cerpen yang berbeda. Kemampuan mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan juga penting untuk dikuasai oleh siswa. Mereka harus dapat menentukan objek yang ditanggapi dan menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya. Selanjutnya, siswa juga harus mampu menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan. Mereka harus dapat menentukan bagian struktur teks tanggapan yang benar dan mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan membuat kalimat tanggapan yang memperhatikan struktur dan kebahasaan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan. Terakhir, siswa juga harus mampu mengidentifikasi informasi dalam teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar. Mereka harus dapat menelaah pendapat dan argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan isu yang dibahas. Selain itu, siswa juga harus mampu menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan yang dibahas dalam teks diskusi.