Hubungan Antara Nilai dan Sikap dalam Kurikulum IPS SD KTSP 2006 di Kelas Tinggi
Dalam kurikulum IPS SD KTSP 2006 di kelas tinggi, terdapat hubungan erat antara nilai dan sikap. Nilai-nilai yang diajarkan dalam mata pelajaran IPS dapat memengaruhi pembentukan sikap siswa. Sebagai contoh, ketika siswa mempelajari tentang pentingnya gotong royong dalam masyarakat, mereka akan mengembangkan sikap saling membantu dan peduli terhadap sesama.
Selain itu, nilai-nilai sejarah yang diajarkan dalam kurikulum IPS juga dapat memengaruhi sikap siswa. Misalnya, ketika siswa mempelajari tentang perjuangan pahlawan nasional, mereka akan mengembangkan sikap patriotisme dan semangat kebangsaan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai yang diajarkan dalam kurikulum IPS SD KTSP 2006 di kelas tinggi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan sikap siswa.