Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Film: Perspektif Teori OBPP
Pengenalan Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan media dalam proses pembelajaran telah menjadi tren yang semakin populer. Salah satu jenis media yang digunakan adalah media video film. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara komprehensif mengapa penggunaan media video film dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan dasar kajian teori-teori OBPP (Orientasi Baru Psikologi dalam Pendidikan). Pengertian Media Video Film Media video film adalah media yang menggunakan gambar bergerak dan suara untuk menyampaikan pesan atau informasi. Dalam konteks pembelajaran, media ini dapat digunakan untuk menyajikan materi pelajaran dengan cara yang menarik dan interaktif. Teori OBPP dan Pembelajaran dengan Media Video Film Teori OBPP adalah teori yang mengkaji tentang bagaimana proses belajar dan pengajaran dapat ditingkatkan melalui penggunaan media dan teknologi. Teori ini menekankan pentingnya penggunaan media yang relevan dan menarik untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penggunaan media video film dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui beberapa mekanisme yang dijelaskan oleh teori OBPP. Pertama, media video film dapat membangkitkan minat dan perhatian siswa. Dengan menggunakan gambar bergerak dan suara, media ini dapat menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih fokus dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, media video film juga dapat membantu siswa dalam memahami konsep yang sulit. Dalam film, konsep-konsep abstrak dapat diilustrasikan dengan cara yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Hal ini dapat membantu siswa dalam membangun pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran. Selanjutnya, media video film juga dapat meningkatkan daya ingat siswa. Dalam film, informasi disajikan secara visual dan auditif, yang dapat membantu siswa dalam mengingat informasi dengan lebih baik. Selain itu, penggunaan gambar bergerak dan suara dalam film juga dapat memicu emosi siswa, yang dapat meningkatkan daya ingat mereka terhadap materi pelajaran. Kesimpulan Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan secara komprehensif mengapa penggunaan media video film dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan dasar kajian teori-teori OBPP. Penggunaan media video film dapat meningkatkan minat dan perhatian siswa, membantu siswa dalam memahami konsep yang sulit, dan meningkatkan daya ingat siswa. Oleh karena itu, penggunaan media video film dalam pembelajaran dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Referensi: 1. Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press. 2. Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th ed.). Wiley.