Pengaruh Penerapan E-learning terhadap Minat Belajar, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 2 Boyolali
Pada penelitian yang dilakukan mengenai pengaruh penerapan e-learning terhadap minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 2 Boyolali, pendekatan penelitian yang paling tepat adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini akan memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data secara sistematis melalui angket dan kuis yang diberikan kepada siswa setelah pembelajaran sistem daring menggunakan e-learning.
Langkah pertama dalam penelitian ini adalah melakukan observasi awal di sekolah untuk meminta izin dan bertemu dengan wali kelas X SMA N 2 Boyolali. Selanjutnya, wawancara dilakukan kepada guru kelas X untuk mengetahui minat, pemahaman konsep, dan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan sistem daring. Setelah izin didapat, kegiatan pembelajaran sistem daring dilakukan dengan memanfaatkan e-learning. Setelah pembelajaran selesai, angket diberikan kepada siswa untuk mengetahui minat belajar mereka selama kegiatan daring. Selain itu, kuis juga dilakukan untuk mengukur pemahaman konsep materi. Hasil kuis kemudian diolah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan sistem belajar jarak jauh.
Dengan pendekatan kuantitatif, data-data yang diperoleh dari angket dan kuis dapat diolah secara statistik untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pengaruh penerapan e-learning terhadap minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang didapatkan dari olah data tersebut akan memberikan informasi yang faktual dan dapat diandalkan mengenai efektivitas e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas X SMA N 2 Boyolali.