Implementasi Game Edukasi Kisah Tokoh Alkitab Berbasis Android pada Anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru
I. Pendahuluan A. Latar Belakang Proposal - Menjelaskan mengapa game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android penting untuk anak-anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Menyebutkan kebutuhan akan pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran agama bagi anak-anak. - Menyebutkan keuntungan penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak-anak. B. Tujuan Penelitian - Menjelaskan tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengimplementasikan game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android pada anak-anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Menyebutkan manfaat yang diharapkan dari implementasi game ini, seperti meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap kisah-kisah Alkitab. C. Metode Penelitian - Menjelaskan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini, seperti pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, serta analisis data yang akan dilakukan. - Menyebutkan populasi dan sampel penelitian, yaitu anak-anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Menjelaskan langkah-langkah implementasi game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android pada anak-anak Sekolah Minggu. II. Tinjauan Pustaka A. Game Edukasi dalam Pembelajaran Anak - Menjelaskan konsep game edukasi dan manfaatnya dalam pembelajaran anak. - Menyebutkan penelitian terkait penggunaan game edukasi dalam pembelajaran agama. B. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Anak - Menjelaskan keuntungan penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak. - Menyebutkan penelitian terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran agama. C. Implementasi Game Edukasi Kisah Tokoh Alkitab Berbasis Android - Menjelaskan penelitian terkait implementasi game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android. - Menyebutkan manfaat dan hasil yang diperoleh dari implementasi game ini. III. Hasil Penelitian A. Deskripsi Implementasi Game Edukasi Kisah Tokoh Alkitab Berbasis Android - Menjelaskan secara detail tentang game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android yang diimplementasikan pada anak-anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Menyebutkan fitur-fitur game, seperti narasi interaktif, pertanyaan kuis, dan visualisasi yang menarik. B. Evaluasi dan Tanggapan Anak-anak - Menjelaskan hasil evaluasi terhadap implementasi game ini, seperti tingkat minat dan pemahaman anak-anak. - Menyebutkan tanggapan positif dari anak-anak terhadap game ini. IV. Pembahasan A. Manfaat Implementasi Game Edukasi Kisah Tokoh Alkitab Berbasis Android - Menjelaskan manfaat yang diperoleh dari implementasi game ini, seperti meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap kisah-kisah Alkitab. - Menyebutkan potensi pengembangan game ini untuk pembelajaran agama anak-anak di tempat lain. B. Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Game Edukasi Kisah Tokoh Alkitab Berbasis Android - Menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam implementasi game ini, seperti keterbatasan teknologi dan pemahaman anak-anak terhadap Alkitab. - Menyebutkan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. V. Kesimpulan - Menyimpulkan hasil penelitian dan manfaat yang diperoleh dari implementasi game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android pada anak-anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Menyebutkan rekomend