Perbandingan Model Pengembangan Kurikulum Tyler dan Taba: Mana yang Lebih Relevan untuk Pendidikan Abad 21?
Perbandingan antara model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba telah menjadi topik diskusi yang penting dalam dunia pendidikan. Keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum, dan keduanya masih relevan untuk pendidikan abad 21. Artikel ini akan membahas perbandingan antara kedua model ini dan mengapa mereka masih relevan untuk pendidikan abad 21.
Apa itu model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba?
Model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba adalah dua pendekatan yang berbeda dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum pendidikan. Model Tyler, yang dikembangkan oleh Ralph Tyler pada tahun 1949, berfokus pada tujuan pendidikan dan bagaimana mencapainya. Model ini menekankan empat pertanyaan dasar: apa tujuan pendidikan, pengalaman belajar apa yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut, bagaimana mengorganisir pengalaman belajar, dan bagaimana mengevaluasi apakah tujuan telah tercapai.Bagaimana perbandingan antara model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba?
Model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba memiliki perbedaan dan persamaan. Keduanya menekankan pentingnya tujuan pendidikan dan pengalaman belajar dalam merancang kurikulum. Namun, Tyler lebih berfokus pada tujuan, sementara Taba lebih berfokus pada proses dan struktur.Mengapa model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba masih relevan untuk pendidikan abad 21?
Model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba masih relevan untuk pendidikan abad 21 karena keduanya menekankan pentingnya tujuan pendidikan dan pengalaman belajar. Dalam era ini, pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang keterampilan dan sikap. Model Tyler dan Taba membantu guru merancang kurikulum yang mencakup semua aspek ini.Bagaimana model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba dapat diterapkan dalam pendidikan abad 21?
Model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba dapat diterapkan dalam pendidikan abad 21 dengan beberapa cara. Pertama, guru dapat menggunakan model Tyler untuk merancang tujuan pendidikan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kemudian, guru dapat menggunakan model Taba untuk merancang proses dan struktur kurikulum yang mencakup analisis kebutuhan, seleksi dan organisasi konten, serta evaluasi dan revisi.Model pengembangan kurikulum mana yang lebih relevan untuk pendidikan abad 21, Tyler atau Taba?
Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena relevansi model pengembangan kurikulum tergantung pada konteks dan kebutuhan pendidikan. Namun, banyak pendidik berpendapat bahwa model Taba mungkin lebih relevan untuk pendidikan abad 21 karena menekankan peran guru sebagai pengembang kurikulum. Dalam era ini, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pengajaran, dan model Taba memberikan kerangka kerja untuk melakukan itu.Model pengembangan kurikulum Tyler dan Taba memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan keduanya masih relevan untuk pendidikan abad 21. Model Tyler menekankan tujuan pendidikan dan bagaimana mencapainya, sementara model Taba menekankan proses dan struktur kurikulum. Keduanya dapat digunakan oleh guru untuk merancang kurikulum yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Namun, banyak pendidik berpendapat bahwa model Taba mungkin lebih relevan untuk pendidikan abad 21 karena menekankan peran guru sebagai pengembang kurikulum. Dalam era ini, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pengajaran, dan model Taba memberikan kerangka kerja untuk melakukan itu.