Pengertian Produk dan Peran Jasa dalam Perekonomian
Produk dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan, atau dikonsumsi guna memuaskan keinginan atau kebutuhan. Lebih dari sekadar benda berwujud seperti mobil, pakaian, atau telepon seluler, produk juga mencakup layanan, acara, orang, tempat, organisasi, serta ide-ide. Dalam konteks ini, Apple iPhone dan Toyota Camry dianggap sebagai produk fisik; sementara perjalanan ke Las Vegas atau layanan investasi online Schwab termasuk dalam kategori jasa.
Jasa sendiri merupakan bentuk produk yang terdiri dari aktivitas non-fisik yang ditawarkan untuk dijual tanpa kepemilikan materi. Contoh jasa meliputi sektor perbankan hingga layanan perbaikan rumah. Karena pentingnya jasa dalam ekonomi global saat ini menjadi fokus utama pembahasan kita.
Dengan demikianlah pengertian tentang produk dan bagaimana peran jasa turut mendominasi perekonomian dunia saat ini menjadi topik relevan untuk dieksplorasi lebih lanjut dalam artikel penelitian ini.