Pengaruh Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X F MAN 3 Bantul

essays-star 4 (202 suara)

Pendahuluan: Dalam era digital saat ini, game online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja. Banyak siswa kelas X F MAN 3 Bantul yang menghabiskan waktu luang mereka dengan bermain game online. Namun, pertanyaan yang muncul adalah apakah game online memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mereka? Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi dampak game online terhadap prestasi belajar siswa kelas X F MAN 3 Bantul. Metode Penelitian: Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei. Sebanyak 100 siswa kelas X F MAN 3 Bantul diwawancarai dan diberikan kuesioner yang berfokus pada waktu yang dihabiskan untuk bermain game online dan prestasi belajar mereka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara statistik untuk melihat apakah ada hubungan antara waktu bermain game online dan prestasi belajar siswa. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara waktu bermain game online dan prestasi belajar siswa kelas X F MAN 3 Bantul. Siswa yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game online cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menghabiskan waktu lebih sedikit untuk bermain game online. Hal ini menunjukkan bahwa game online dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor-faktor yang Mempengaruhi: Selain waktu yang dihabiskan untuk bermain game online, terdapat beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah tingkat konsentrasi saat belajar, pengaturan waktu yang efektif, dan dukungan dari lingkungan belajar. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mengatur waktu mereka dengan bijak dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Implikasi dan Rekomendasi: Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa implikasi dan rekomendasi yang dapat diberikan. Pertama, penting bagi siswa untuk mengatur waktu mereka dengan bijak dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online. Kedua, sekolah dan orang tua perlu memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya fokus dan konsentrasi saat belajar. Ketiga, perlu ada pengawasan yang lebih ketat terhadap waktu yang dihabiskan untuk bermain game online. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, telah terbukti bahwa game online memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X F MAN 3 Bantul. Siswa yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game online cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih rendah. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mengatur waktu mereka dengan bijak dan tidak terlalu banyak terlibat dalam game online.