Perbandingan Istilah dalam Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013
Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan istilah yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Kedua kurikulum ini memiliki pendekatan yang berbeda dalam pendidikan di Indonesia, dan istilah-istilah yang digunakan mencerminkan perbedaan tersebut. Pertama, mari kita lihat istilah yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2020. Istilah yang sering digunakan dalam Kurikulum Merdeka adalah "pembelajaran mandiri" dan "pembelajaran berbasis proyek". Pembelajaran mandiri mengacu pada pendekatan di mana siswa diberi kebebasan untuk mengatur waktu dan metode belajar mereka sendiri. Sementara itu, pembelajaran berbasis proyek melibatkan siswa dalam proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Di sisi lain, Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang diperkenalkan pada tahun 2013. Istilah yang sering digunakan dalam Kurikulum 2013 adalah "pembelajaran tematik" dan "pembelajaran berbasis kompetensi". Pembelajaran tematik mengacu pada pendekatan di mana materi pembelajaran disajikan dalam konteks topik atau tema tertentu. Sementara itu, pembelajaran berbasis kompetensi menekankan pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kehidupan nyata. Perbedaan istilah ini mencerminkan perbedaan pendekatan dalam kedua kurikulum tersebut. Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada kemandirian dan proyek nyata, sementara Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran tematik dan pengembangan kompetensi. Dalam kesimpulan, perbedaan istilah dalam Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 mencerminkan perbedaan pendekatan dalam pendidikan di Indonesia. Penting bagi kita untuk memahami istilah-istilah ini agar dapat memahami dan mengimplementasikan kedua kurikulum dengan baik.