Analisis Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Kota Malang
Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Tujuan dari pembelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah untuk membentuk sikap dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai kewarganegaraan, demokrasi, dan hak asasi manusia. Namun, minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sering kali rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Kota Malang. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data tentang minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Survei ini dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Kota Malang. Kuesioner ini berisi pertanyaan-pertanyaan tentang minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa, dan saran untuk meningkatkan minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat yang rendah terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Beberapa faktor yang mempengaruhi minat siswa antara lain kurangnya relevansi materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, metode pembelajaran yang monoton, dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini, kami merekomendasikan beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Pertama, perlu dilakukan peninjauan kembali terhadap kurikulum pendidikan kewarganegaraan untuk memastikan bahwa materi pembelajaran relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Selain itu, metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif perlu diterapkan untuk membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa. Selain itu, perlu adanya dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga dalam meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Dalam kesimpulan, minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Kota Malang masih rendah. Faktor-faktor seperti kurangnya relevansi materi, metode pembelajaran yang monoton, dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga mempengaruhi minat siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, seperti peninjauan kembali kurikulum, penggunaan metode pembelajaran yang inovatif, dan dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga.