Metode Penelitian dalam Studi Kasus tentang Penggunaan Code-Switching
Pendahuluan: Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menginvestigasi penggunaan code-switching dalam konteks pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jumlah code-switching yang terjadi dan menginterpretasikan alasan mengapa peserta menggunakan code-switching. Bagian: ① Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran yang menggabungkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. ② Pengumpulan Data: Peserta penelitian terdiri dari siswa dan guru. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari peserta, sementara observasi dan wawancara digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang persepsi mereka. ③ Analisis Data: Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan code-switching dihitung dan pola serta tingkat kalimat ditemukan. Analisis akhir dilakukan untuk menemukan pola wacana. Kesimpulan: Metode penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang penggunaan code-switching dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang fenomena ini dan memberikan saran untuk pengembangan pendidikan yang lebih efektif.