Paradigma Pendidikan dalam Proses Pendidikan

essays-star 4 (338 suara)

Pendahuluan: Paradigma pendidikan adalah kerangka pemikiran yang digunakan dalam proses pendidikan. Paradigma ini mempengaruhi kualitas dan profil lulusan serta peran peserta didik, dosen, materi, dan manajemen pendidikan. Bagian: ① Paradigma Feodalistik: Paradigma ini menekankan otoritas dan hierarki dalam pendidikan. Peserta didik diposisikan sebagai objek dan dosen sebagai sumber ilmu, kebenaran, dan informasi. ② Paradigma Humanistik: Paradigma ini menekankan pada pengembangan potensi dan persiapan peserta didik untuk masa depan. Peserta didik diposisikan sebagai subjek aktif dalam proses pendidikan, dengan dosen sebagai fasilitator dan mediator. ③ Perbandingan Paradigma: Diskusi dan debat tentang kebutuhan dasar peserta didik dalam kedua paradigma. Kesimpulan: Paradigma pendidikan memainkan peran penting dalam proses pendidikan. Memahami perbedaan dan implikasi dari paradigma pendidikan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.