Proses Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
Proses pembelajaran dalam Kurikulum 2013 merupakan bagian penting dari pengalaman belajar peserta didik di sekolah. Kurikulum ini dirancang oleh dosen/guru dan terdiri dari beberapa komponen, termasuk silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Silabus adalah perencanaan proses pembelajaran untuk satu semester. Ini mencakup daftar mata pembelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik untuk memperoleh jazah. Silabus memberikan panduan tentang topik yang akan diajarkan, tujuan pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian yang akan digunakan. SAP atau RPP, di sisi lain, adalah perencanaan proses pembelajaran untuk satu atau beberapa kali pertemuan. Ini lebih terperinci daripada silabus dan mencakup langkah-langkah yang harus diambil oleh guru dalam mengajar. SAP/RPP mencakup tujuan pembelajaran yang lebih spesifik, strategi pengajaran yang akan digunakan, materi yang akan diajarkan, dan penilaian yang akan dilakukan. Proses pembelajaran dalam Kurikulum 2013 mengikuti siklus yang terdiri dari beberapa tahap. Tahap-tahap ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Guru harus merencanakan pembelajaran dengan cermat, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana, mengevaluasi pemahaman peserta didik, dan merenungkan hasil pembelajaran untuk meningkatkan pengajaran di masa depan. Dalam gambar 3.3, terlihat ilustrasi proses pembelajaran dalam mata pelajaran IPA. Gambar ini menggambarkan bagaimana siklus pembelajaran berlangsung, dimulai dari perencanaan hingga refleksi. Proses pembelajaran dalam Kurikulum 2013 memberikan kerangka kerja yang jelas bagi guru dalam mengajar dan peserta didik dalam belajar. Dengan adanya silabus dan SAP/RPP, pembelajaran dapat terstruktur dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Dalam kesimpulan, proses pembelajaran dalam Kurikulum 2013 melibatkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Silabus dan SAP/RPP merupakan desain instruksional yang membantu guru dalam mengajar dan peserta didik dalam belajar. Proses pembelajaran ini memberikan kerangka kerja yang jelas dan terstruktur untuk mencapai tujuan pembelajaran.