Pandangan tentang Pendidikan dalam Kebudayaan Masa Lampau

essays-star 4 (371 suara)

Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut dikemukakan oleh beberapa aliran pemikiran, antara lain behaviorisme, perenialisme, nativisme, konvergensi, dan imperialisme. Behaviorisme adalah pandangan yang menekankan pentingnya pengaruh lingkungan dalam membentuk perilaku individu. Menurut aliran ini, pendidikan harus fokus pada pembentukan perilaku yang diinginkan melalui penguatan positif dan negatif. Behaviorisme menganggap bahwa nilai-nilai kebenaran yang pasti dapat diajarkan melalui pengulangan dan penguatan. Perenialisme adalah pandangan yang menekankan pentingnya pengetahuan yang abadi dan universal dalam pendidikan. Menurut aliran ini, pendidikan harus berfokus pada pembentukan karakter dan pemahaman nilai-nilai kebenaran yang abadi. Perenialisme menganggap bahwa kebudayaan masa lampau memiliki nilai-nilai yang relevan dan harus dipelajari oleh generasi saat ini. Nativisme adalah pandangan yang menekankan pentingnya faktor bawaan dalam pembentukan pengetahuan dan pemahaman. Menurut aliran ini, pendidikan harus memperhatikan kemampuan dan potensi individu dalam memahami nilai-nilai kebenaran. Nativisme menganggap bahwa kebudayaan masa lampau memiliki pengetahuan yang melekat dalam diri individu dan harus dikembangkan melalui pendidikan. Konvergensi adalah pandangan yang menekankan pentingnya integrasi antara pengetahuan tradisional dan pengetahuan modern dalam pendidikan. Menurut aliran ini, pendidikan harus menggabungkan nilai-nilai kebenaran yang ada pada kebudayaan masa lampau dengan pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini. Konvergensi menganggap bahwa kebudayaan masa lampau memiliki nilai-nilai yang berharga dan harus diintegrasikan dalam pendidikan. Imperialisme adalah pandangan yang menekankan dominasi kebudayaan masa lampau dalam pendidikan. Menurut aliran ini, pendidikan harus mengajarkan nilai-nilai kebenaran yang ada pada kebudayaan masa lampau tanpa mempertimbangkan konteks dan kebutuhan generasi saat ini. Imperialisme menganggap bahwa kebudayaan masa lampau adalah kebudayaan yang ideal dan harus diadopsi secara eksklusif dalam pendidikan. Dalam memilih pandangan tentang pendidikan dalam kebudayaan masa lampau, penting untuk mempertimbangkan konteks dan kebutuhan generasi saat ini. Pendekatan yang terbaik adalah mengintegrasikan nilai-nilai kebenaran yang ada pada kebudayaan masa lampau dengan pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini, sehingga pendidikan dapat memberikan pemahaman yang holistik dan relevan bagi generasi saat ini.