Analisis Distribusi Frekuensi Nilai Matematika dari 25 Sisw
Dalam artikel ini, kita akan menganalisis distribusi frekuensi dari nilai matematika yang diperoleh dari 25 siswa. Data yang diberikan dalam tabel berikut menunjukkan nilai dan frekuensi masing-masing nilai. Tabel Distribusi Frekuensi Nilai Matematika: \begin{tabular}{|c|c|} \hline Nilai & Frekuensi \\ \hline 3 & 3 \\ 4 & 5 \\ \hline 5 & 6 \\ \hline 6 & 8 \\ \hline 7 & 3 \\ \hline \end{tabular} Dalam tabel di atas, kita dapat melihat bahwa nilai 3 muncul sebanyak 3 kali, nilai 4 muncul sebanyak 5 kali, nilai 5 muncul sebanyak 6 kali, nilai 6 muncul sebanyak 8 kali, dan nilai 7 muncul sebanyak 3 kali. Dari distribusi frekuensi ini, kita dapat menghitung ragam (\(S^{2}\)) dari nilai-nilai ini. Ragam adalah ukuran variabilitas atau sebaran data. Untuk menghitung ragam, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Hitung rata-rata (\(\bar{x}\)) dari nilai-nilai yang diberikan. Rata-rata dapat dihitung dengan menjumlahkan semua nilai dan membaginya dengan jumlah total nilai. 2. Hitung selisih antara setiap nilai dengan rata-rata (\(x - \bar{x}\)). 3. Kuadratkan selisih tersebut (\((x - \bar{x})^2\)). 4. Hitung jumlah dari semua kuadrat selisih (\(\sum (x - \bar{x})^2\)). 5. Bagi jumlah tersebut dengan jumlah total frekuensi (\(n\)). Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menghitung ragam (\(S^{2}\)) dari distribusi frekuensi ini. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis distribusi frekuensi nilai matematika dari 25 siswa berdasarkan tabel yang diberikan. Selain itu, kita juga akan menghitung ragam (\(S^{2}\)) dari distribusi frekuensi ini.