Asesmen Otentik dalam Pendidikan: Pentingnya Penggunaan Istilah yang Tepat
Asesmen otentik (authentic assessment) merupakan salah satu bentuk asesmen alternatif yang berbeda dari asesmen tradisional yang hanya menggunakan tes tertulis. Istilah "otentik" digunakan karena asesmen ini merupakan alternatif dari penilaian biasa dan memerlukan lebih banyak bukti langsung untuk menunjukkan penerapan keterampilan dan pengetahuan siswa. Selain itu, istilah "berbasis kinerja" atau performance based assessment juga sering digunakan untuk merujuk pada asesmen otentik. Hal ini disebabkan karena siswa dituntut untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas secara nyata, bukan hanya menjawab pertanyaan secara tertulis. Penggunaan istilah yang tepat sangat penting dalam konteks asesmen otentik. Dengan menggunakan istilah yang sesuai, kita dapat memahami dengan jelas bahwa asesmen otentik memerlukan lebih dari sekadar tes pilihan ganda, melainkan bukti konkret tentang penerapan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam situasi nyata. Dalam konteks pendidikan, pemahaman yang tepat tentang istilah-istilah yang terkait dengan asesmen otentik akan membantu guru dan siswa untuk mengimplementasikan metode penilaian yang lebih relevan dan bermakna. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan istilah yang tepat dan sesuai untuk mendukung pengembangan pendidikan yang lebih baik.