TKJI sebagai Alat Bantu dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa
Pendahuluan
Pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah Teknik Kombinasi Jigsaw dan Inkuiri (TKJI). TKJI adalah metode pembelajaran yang menggabungkan teknik Jigsaw dan Inkuiri untuk memfasilitasi proses belajar yang aktif dan partisipatif. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana TKJI dapat digunakan sebagai alat bantu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Pengertian TKJI
TKJI adalah metode pembelajaran yang menggabungkan dua teknik, yaitu teknik Jigsaw dan Inkuiri. Teknik Jigsaw adalah metode yang membagi materi pembelajaran menjadi beberapa bagian dan setiap bagian dikerjakan oleh kelompok kecil mahasiswa. Setelah itu, hasil kerja setiap kelompok akan dikombinasikan untuk membentuk pemahaman yang utuh. Sementara itu, teknik Inkuiri adalah metode yang mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian dan mencari jawaban atas pertanyaan atau masalah yang diberikan oleh dosen.
Manfaat TKJI dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
TKJI memiliki banyak manfaat dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pertama, TKJI mendorong mahasiswa untuk berpikir secara mandiri dan kritis dalam mencari jawaban atas pertanyaan atau masalah yang diberikan. Kedua, TKJI memfasilitasi proses belajar yang aktif dan partisipatif, di mana mahasiswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Ketiga, TKJI membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka melalui diskusi dan kolaborasi dengan anggota kelompok lainnya.
Implementasi TKJI dalam Pembelajaran
Implementasi TKJI dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama, dosen membagi materi pembelajaran menjadi beberapa bagian dan setiap bagian dikerjakan oleh kelompok kecil mahasiswa. Kedua, mahasiswa melakukan penelitian dan mencari jawaban atas pertanyaan atau masalah yang diberikan oleh dosen. Ketiga, hasil kerja setiap kelompok akan dikombinasikan untuk membentuk pemahaman yang utuh. Keempat, mahasiswa melakukan diskusi dan kolaborasi dengan anggota kelompok lainnya untuk memperdalam pemahaman mereka dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.
Penutup
Secara keseluruhan, TKJI adalah alat bantu yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Dengan menerapkan TKJI dalam pembelajaran, mahasiswa dapat berpikir secara mandiri dan kritis, berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka melalui diskusi dan kolaborasi. Oleh karena itu, dosen dan institusi pendidikan tinggi perlu mempertimbangkan penggunaan TKJI dalam pembelajaran untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.