Menganalisis Fenomena Tawuran Pelajar di Tangerang: Perspektif Teori Diferensial Asosiasi Sutherland ##

essays-star 4 (229 suara)

Pendahuluan: Tawuran pelajar merupakan fenomena yang meresahkan di Indonesia, termasuk di Tangerang. Perilaku kekerasan antar pelajar ini tidak hanya merugikan para pelaku, tetapi juga menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar. Untuk memahami akar permasalahan dan mencari solusi yang tepat, diperlukan analisis yang mendalam terhadap faktor-faktor yang mendorong terjadinya tawuran. Salah satu teori yang dapat digunakan untuk menganalisis fenomena ini adalah teori diferensial asosiasi Sutherland. Teori Diferensial Asosiasi Sutherland: Teori ini berpendapat bahwa perilaku kriminal, termasuk tawuran pelajar, dipelajari melalui interaksi dengan orang lain. Seseorang akan cenderung melakukan kejahatan jika mereka terpapar pada lebih banyak definisi yang mendukung kejahatan daripada definisi yang menentang kejahatan. Definisi ini dapat berupa nilai, norma, dan sikap yang dipelajari dari lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman, dan kelompok sosial. Analisis Tawuran Pelajar di Tangerang: Berdasarkan teori diferensial asosiasi, beberapa faktor yang dapat memicu tawuran pelajar di Tangerang adalah: * Asosiasi dengan Kelompok Delinquent: Pelajar yang terlibat dalam tawuran kemungkinan besar terpapar pada definisi yang mendukung kekerasan dan kejahatan melalui interaksi dengan kelompok delinquent. Mereka mungkin belajar tentang nilai-nilai dan norma-norma yang menganggap kekerasan sebagai cara yang dapat diterima untuk menyelesaikan konflik. * Frekuensi dan Durasi Interaksi: Semakin sering dan lama pelajar berinteraksi dengan kelompok delinquent, semakin besar kemungkinan mereka akan mengadopsi nilai-nilai dan perilaku kelompok tersebut. * Prioritas dan Intensitas Asosiasi: Jika pelajar menganggap kelompok delinquent sebagai kelompok yang lebih penting dan memiliki pengaruh yang lebih kuat daripada keluarga, sekolah, atau komunitas, mereka lebih mungkin untuk mengikuti perilaku kelompok tersebut. * Definisi yang Mendukung Kejahatan: Pelajar yang terlibat dalam tawuran mungkin telah terpapar pada definisi yang mendukung kekerasan dan kejahatan melalui media, musik, atau bahkan dari orang tua atau guru yang tidak mendukung perilaku non-kekerasan. * Kurangnya Definisi yang Menentang Kejahatan: Kurangnya peran orang tua dan guru dalam memberikan nilai-nilai dan norma-norma yang menentang kekerasan dapat menyebabkan pelajar tidak memiliki definisi yang kuat untuk melawan pengaruh kelompok delinquent. Kesimpulan: Teori diferensial asosiasi Sutherland memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana pelajar dapat terjerumus dalam perilaku tawuran melalui interaksi dengan kelompok delinquent dan paparan definisi yang mendukung kekerasan. Pencegahan tawuran pelajar memerlukan upaya untuk mengurangi pengaruh kelompok delinquent, meningkatkan peran orang tua dan guru dalam memberikan nilai-nilai yang menentang kekerasan, dan memberikan alternatif yang positif bagi pelajar untuk menyalurkan energi dan minat mereka. Saran: * Peningkatan Peran Orang Tua dan Guru: Orang tua dan guru memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai dan norma-norma yang menentang kekerasan. Mereka perlu memberikan contoh yang baik, berkomunikasi secara terbuka dengan anak-anak, dan memberikan dukungan yang kuat. * Program Pencegahan Tawuran: Sekolah dan komunitas perlu mengembangkan program pencegahan tawuran yang efektif, yang melibatkan kegiatan positif, edukasi tentang konflik resolusi, dan pengembangan keterampilan sosial. * Peningkatan Kesadaran Masyarakat: Masyarakat perlu meningkatkan kesadaran tentang bahaya tawuran dan mendukung upaya pencegahan. Refleksi: Tawuran pelajar merupakan masalah kompleks yang membutuhkan solusi multidimensional. Dengan memahami faktor-faktor yang mendorong perilaku ini, kita dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk mencegahnya dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan harmonis bagi generasi muda.