Tahapan Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget
Jean Piaget, seorang psikolog Swiss, mengusulkan teori perkembangan kognitif yang terdiri dari empat tahap: sensorimotorik, praoperasional, konkret, dan formal. Tahap-tahap ini menggambarkan bagaimana anak-anak memahami dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.
Tahap sensorimotorik, yang berlangsung dari lahir hingga sekitar usia 2 tahun, adalah tahap pertama dalam teori Piaget. Selama tahap ini, anak-anak mengandalkan pengalaman sensorik dan motorik mereka untuk memahami dunia. Mereka belajar tentang objek dan orang lain melalui pengalaman langsung, dan mereka mengasosiasikan objek dengan pengalaman sensorik mereka. Misalnya, seorang anak menganggap semua anjing sebagai anjing, bahkan jika mereka belum pernah melihat anjing sebelumnya.
Tahap praoperasional, yang berlangsung dari sekitar usia 2 hingga 7 tahun, adalah tahap kedua dalam teori Piaget. Selama tahap ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan berpikir abstrak dan memahami konsep-konsep yang lebih kompleks. Mereka mulai mengasosiasikan objek dengan konsep-konsep abstrak, seperti "anjing" atau "kucing," dan mereka mulai memahami bahwa objek dapat memiliki sifat-sifat yang berbeda. Misalnya, seorang anak mungkin mengerti bahwa anjing dan kucing berbeda, bahkan jika mereka belum pernah melihat kucing sebelumnya.
Tahap konkret, yang berlangsung dari sekitar usia 7 hingga 12 tahun, adalah tahap ketiga dalam teori Piaget. Selama tahap ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan berpikir abstrak dan memahami konsep-konsep yang lebih kompleks. Mereka mulai mengasosiasikan objek dengan konsep-konsep abstrak, seperti "anjing" atau "kucing," dan mereka mulai memahami bahwa objek dapat memiliki sifat-sifat yang berbeda. Misalnya, seorang anak mungkin mengerti bahwa anjing dan kucing berbeda, bahkan jika mereka belum pernah melihat kucing sebelumnya.
Tahap formal, yang berlangsung dari sekitar usia 12 tahun ke atas, adalah tahap terakhir dalam teori Piaget. Selama tahap ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan berpikir abstrak dan memahami konsep-konsep yang lebih kompleks. Mereka mulai mengasosiasikan objek dengan konsep-konsep abstrak, seperti "anjing" atau "kucing," dan mereka mulai memahami bahwa objek dapat memiliki sifat-sifat yang berbeda. Misalnya, seorang anak mungkin mengerti bahwa anjing dan kucing berbeda, bahkan jika mereka belum pernah melihat kucing sebelumnya.
Secara keseluruhan, teori Piaget menyarankan bahwa perkembangan kognitif adalah proses yang kompleks dan berkelanjutan yang melibatkan perkembangan kemampuan berpikir abstrak dan memahami konsep-konsep yang lebih kompleks. Tahap-tahap ini memberikan kerangka kerja untuk memahami bagaimana anak-anak belajar dan berkembang secara kognitif.