Tantangan dan Peluang Penerapan Understanding by Design di Perguruan Tinggi Indonesia
Mengenal Understanding by Design
Understanding by Design (UbD) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada 'mengajar untuk pemahaman' daripada 'mengajar untuk pengetahuan'. Pendekatan ini dirancang untuk membantu pendidik merancang kurikulum dan penilaian yang mempromosikan pemahaman mendalam tentang materi pelajaran oleh siswa. Meskipun UbD telah berhasil diterapkan di banyak negara, penerapannya di perguruan tinggi Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan.
Tantangan Penerapan UbD di Perguruan Tinggi Indonesia
Salah satu tantangan utama dalam penerapan UbD di perguruan tinggi Indonesia adalah kurangnya pemahaman dan pelatihan tentang pendekatan ini di kalangan dosen. Banyak dosen belum familiar dengan UbD dan bagaimana cara kerjanya, yang dapat menghambat penerapannya secara efektif. Selain itu, kurikulum yang sudah ada seringkali tidak dirancang dengan pendekatan UbD, sehingga memerlukan revisi yang signifikan.
Peluang Penerapan UbD di Perguruan Tinggi Indonesia
Meskipun ada tantangan, ada juga sejumlah peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menerapkan UbD di perguruan tinggi Indonesia. Salah satunya adalah meningkatnya kesadaran tentang pentingnya pendidikan berbasis pemahaman, yang dapat mendorong perguruan tinggi untuk mengadopsi pendekatan ini. Selain itu, UbD dapat membantu perguruan tinggi Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikannya dan mempersiapkan lulusannya untuk pasar kerja yang semakin kompetitif.
Strategi Menerapkan UbD di Perguruan Tinggi Indonesia
Untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang ini, perguruan tinggi Indonesia dapat menerapkan sejumlah strategi. Pertama, mereka dapat menyediakan pelatihan dan dukungan untuk dosen dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum berbasis UbD. Kedua, mereka dapat merevisi kurikulum yang sudah ada untuk memasukkan prinsip-prinsip UbD. Ketiga, mereka dapat mempromosikan manfaat UbD kepada siswa dan orang tua, untuk mendorong penerimaan dan dukungan terhadap pendekatan ini.
Meskipun penerapan Understanding by Design di perguruan tinggi Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, ada juga banyak peluang yang dapat dimanfaatkan. Dengan strategi yang tepat, perguruan tinggi Indonesia dapat memanfaatkan UbD untuk meningkatkan kualitas pendidikannya dan mempersiapkan lulusannya untuk masa depan yang sukses.