Mengajar di Rumah Selama Pand Menangani Kekurangan Infrastruktur dan Teknologi
Pendahuluan:
Belajar di rumah telah menjadi bagian dari kehidupan baru yang wajib dihadapi oleh warga Indonesia selama pandemi virus corona. Namun, adanya kekurangan infrastruktur dan teknologi telah menciptakan kesenjangan pendidikan antar daerah. Ketika sekolah adikku ditutup karena pandemi, orang tua teman-teman adikku meminta saya untuk mengajar secara daring karena kegiatan belajar mengajar selama pandemi harus dilaksanakan secara daring. Ini bukan hanya tantangan bagi pelajar, tetapi juga bagi guru untuk menemukan metode baru dalam pendidikan ini dan mengubah tatanan KBM.
Bagian 1: Kekurangan Infrastruktur dan Teknologi di Daerah Pedesaan
Bagi masyarakat perkotaan, memiliki smartphone bukanlah hal yang aneh atau sulit. Namun, bagi kebanyakan masyarakat pedesaan, seperti di rumah saya, smartphone menjadi barang baru dan mewah, terutama bagi keluarga dengan pendapatan rendah. Padahal, smartphone menjadi syarat untuk KBM yang lancar. Banyak siswa di daerah saya tidak memiliki smartphone, sehingga mereka menghadapi kesulitan dalam mengumpulkan tugas melalui WhatsApp. Selain itu, banyak siswa di daerah saya, seperti Desa Tunahan, harus berjalan hingga satu kilometer untuk mencari sinyal.
Bagian 2: Menangani Kekurangan Infrastruktur dan Teknologi di Kegiatan Belajar Secara Daring
Setiap hari, saya mengajar kelas TV dengan 10 siswa, termasuk adik saya. Namun, masalah yang sama terus muncul: banyak siswa yang tidak memiliki smartphone, sehingga mereka menghadapi kesulitan dalam mengumpulkan tugas melalui WhatsApp. Selain itu, banyak siswa di daerah saya, seperti Desa Tunahan, harus berjalan hingga satu kilometer untuk mencari sinyal. Namun, ada juga siswa yang belajar dengan suasana yang santai, karena mereka tidak memakai seragam penuh, hanya kemeja mereka.
Bagian 3: Menemukan Hikmah dalam Mengajar di Rumah
Saat saya mengajar, saya merasakan banyak hikmah. Salah satunya adalah memiliki pengalaman sebagai guru. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman sebagai guru, yang telah membantu saya memahami tantangan yang dihadapi oleh siswa dan guru selama pandemi. Ini telah membantu saya menemukan metode baru dalam pendidikan ini dan mengubah tatanan KBM.
Kesimpulan:
Mengajar di rumah selama pandemi COVID-19 telah menjadi tantangan bagi guru dan siswa. Namun, adanya kekurangan infrastruktur dan teknologi telah menciptakan kesenjangan pendidikan antar daerah. Dengan menghadapi tantangan ini, saya telah menemukan banyak hikmah dan telah mengubah tatanan KBM. Ini telah membantu saya memahami tantangan yang dihadapi oleh siswa dan guru selama pandemi dan telah membantu saya menemukan metode baru dalam pendidikan ini.