Tanggapan Bapak Sutondo terhadap Penerapan Kurikulum Merdek

essays-star 4 (202 suara)

Pendahuluan: Penerapan kurikulum merdeka diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Namun, apa pendapat Bapak Sutondo tentang hal ini? Bagian 1: Ruang untuk Kritisasi, Inovasi, dan Publikasi Bapak Sutondo menyambut baik penerapan kurikulum merdeka karena memberikan ruang yang lebih luas bagi siswa untuk melakukan kritisasi, inovasi, dan publikasi terkait dengan masalah-masalah terkini. Menurutnya, kurikulum merdeka memiliki muatan pembelajaran yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pendekatan saintifik yang digunakan dalam kurikulum ini juga dipadukan dengan projek (P5), yang membuat kurikulum terbaru ini menjadi berbeda. Dengan adanya kurikulum merdeka, siswa diberi kebebasan untuk berpikir kritis, mengembangkan inovasi, dan mempublikasikan hasil karyanya. Hal ini menjadikan sekolah tempat yang menjadi contoh di Kabupaten Jember sebagai sekolah penggerak. Bagian 2: Kebebasan dalam Gaya Pembelajaran Menurut Bapak Sutondo, kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih gaya pembelajaran yang sesuai dengan mereka. Siswa diberi ruang seluas-luasnya untuk melakukan pembelajaran dengan gaya yang mereka pilih, seperti audio, visual, atau kinestetik. Dengan adanya kebebasan ini, diharapkan kualitas pembelajaran akan semakin meningkat. Bapak Sutondo berpendapat bahwa dengan memperhatikan gaya belajar siswa, pembelajaran dapat disesuaikan sehingga siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Bagian 3: Tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bapak Sutondo menyadari bahwa implementasi kurikulum merdeka juga memiliki tantangan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah pemahaman siswa yang perlu terus ditingkatkan agar mereka dapat beradaptasi dengan baik. Kurikulum lama yang mengedepankan pembelajaran berpusat pada guru sekarang berubah menjadi pembelajaran berpusat pada siswa. Hal ini membutuhkan penyesuaian dari siswa dan juga guru. Bapak Sutondo menyadari bahwa semua pihak masih dalam tahap belajar, baik guru maupun siswa. Namun, ia meyakini bahwa dengan semangat belajar yang tinggi, tantangan ini dapat diatasi. Kesimpulan: Penerapan kurikulum merdeka mendapat tanggapan positif dari Bapak Sutondo. Ia menyambut baik adanya ruang yang lebih luas bagi siswa untuk melakukan kritisasi, inovasi, dan publikasi. Selain itu, ia juga mengapresiasi kebebasan siswa dalam memilih gaya pembelajaran yang sesuai dengan mereka. Meskipun ada tantangan dalam implementasinya, Bapak Sutondo berharap kerjasama antara sekolah dan stakeholder dapat menjadi penunjang dalam menjalankan kurikulum merdeka ini. Dengan semangat belajar yang tinggi, diharapkan kurikulum merdeka dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas belajar siswa.