Metode Efektif dalam Mengajarkan Konsep Sistem Pencernaan kepada Sisw
Dalam mengajarkan konsep sistem pencernaan kepada siswa, Bu Yani menggunakan metode yang efektif dan interaktif. Ia memulai pelajaran dengan memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menggali pengetahuan mereka tentang bagaimana tubuh kita bekerja dalam mencerna makanan. Meskipun siswa awalnya bingung dengan pertanyaan tersebut, Bu Yani dengan sabar menjelaskan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang bagaimana tubuh kita bekerja dalam mencerna makanan. Selanjutnya, Bu Yani membagi siswa menjadi kelompok kecil yang terdiri dari lima siswa. Setiap kelompok diberikan Lembar Kerja (LKPD) yang berisi masalah yang harus mereka diskusikan dan selesaikan bersama. Bu Yani tidak memberikan petunjuk atau membahas LKPD tersebut, sehingga siswa dalam kelompok harus saling berdiskusi dan mencari jawaban sendiri. Bu Yani dengan sabar membimbing siswa dalam kegiatan diskusi ini, menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dan memberikan arahan jika diperlukan. Setelah diskusi selesai, setiap kelompok diminta untuk melakukan presentasi hasil diskusi mereka. Bu Yani juga membimbing siswa dalam melakukan presentasi ini, sehingga siswa dapat dengan jelas menyampaikan hasil dari diskusi mereka. Pada akhir kegiatan, Bu Yani menyimpulkan pembelajaran pada hari itu dan memberikan pujian kepada siswa yang telah melakukan diskusi kelompok dengan tertib. Metode yang digunakan oleh Bu Yani dalam mengajarkan konsep sistem pencernaan kepada siswa ini terbukti efektif. Dengan memberikan pertanyaan awal, membagi siswa menjadi kelompok kecil, dan memberikan LKPD untuk diskusi, siswa dapat aktif terlibat dalam pembelajaran dan saling belajar dari satu sama lain. Selain itu, bimbingan dan pujian dari Bu Yani juga memberikan motivasi kepada siswa untuk berpartisipasi dengan baik dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan metode ini, Bu Yani berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendukung siswa dalam memahami konsep sistem pencernaan dengan lebih baik. Metode ini dapat menjadi contoh yang baik bagi guru lain dalam mengajarkan konsep-konsep yang kompleks kepada siswa.