Mengenal Logo: Simbol Identitas yang Mewakili Suatu Entitas
Logo merupakan unsur grafis yang meliputi huruf bergambar, simbol, dan tanda yang memiliki arti tertentu dan mewakili arti dari suatu perusahaan, daerah, perkumpulan produk, negara, dan hal-hal lainnya yang membutuhkan sesuatu yang mudah diingat untuk mewakili nama sebenarnya. Logo bukanlah hanya sekadar pelengkap atau formalitas dari sebuah perusahaan, karena sebuah logo merepresentasikan kepribadian perusahaan. Suatu logo akan membuat masyarakat mengingat dan mengenal suatu bentuk entitas tanpa harus membaca deskripsi maupun penjelasan tentang entitas tersebut.
Pada dasarnya, kata logo itu sendiri diserap dari bahasa Yunani kuno, yakni "logos" yang memiliki arti pikiran, budi, kata, akal, serta pembicaraan. Kata logo juga sebenarnya diambil dari kata "logotype" yang mulanya digunakan pada tahun 1810 sampai tahun 1840 dan memiliki arti sebuah tulisan nama entitas yang dibentuk secara khusus dengan memanfaatkan suatu takrik lettering atau menggunakan jenis huruf tertentu yang menarik. Jadi, pada awalnya logo dibuat hanya dengan memanfaatkan suatu elemen tulisan saja. Namun, pada proses perkembangannya, logo dibuat dengan semakin kreatif lagi yang menggabungkan beberapa elemen, seperti gambar, sketsa, dan lain-lain. Secara sederhana, logo dapat diartikan sebagai gambar atau huruf yang mempunyai makna tertentu.
Logo memiliki peran penting dalam membentuk identitas sebuah perusahaan. Logo bukan hanya sekadar pelengkap atau formalitas, melainkan sebuah instrumen yang menggambarkan harga diri di mana seluruh nilainya bisa mewujudkan citra yang baik dan mampu dipercaya. Suatu logo akan menggambarkan kualitas seperti yang disimbolkan, seperti adanya pendekatan budaya perusahaan, penempatan posisi penting, atau aspirasi dari perusahaan itu sendiri. Setiap bentuk logo juga wajib mempunyai suatu ciri khas tertentu untuk membedakan logo yang satu dengan logo yang lainnya, baik itu dari segi bentuk maupun warnanya.
Dalam menciptakan logo, terdapat filosofi tertentu dan kerangka dasar berbentuk konsep yang bertujuan guna menciptakan sifat mandiri. Logo harus mampu mencerminkan identitas perusahaan dan membedakan perusahaan tersebut dari yang lain. Suatu logo yang baik akan membuat masyarakat mengingat dan mengenal perusahaan tersebut tanpa harus membaca deskripsi atau penjelasan lebih lanjut.
Dalam kesimpulannya, logo merupakan simbol identitas yang mewakili suatu entitas. Logo memiliki peran penting dalam membentuk citra perusahaan dan membedakan perusahaan tersebut dari yang lain. Suatu logo yang baik akan membuat masyarakat mengingat dan mengenal entitas tersebut tanpa harus membaca deskripsi atau penjelasan lebih lanjut.