Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat pada Siswa Kelas 1A Sekolah Dasar Islam Kyal Amin Surabay
Pendahuluan: Pendidikan jasmani olahraga kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum sekolah dasar. Namun, seringkali siswa kurang termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam pelajaran ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana ekstrakurikuler pencak silat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1A di Sekolah Dasar Islam Kyal Amin Surabaya. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian adalah siswa kelas 1A yang terdaftar dalam ekstrakurikuler pencak silat di Sekolah Dasar Islam Kyal Amin Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler pencak silat memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa kelas 1A. Melalui latihan dan pembelajaran dalam ekstrakurikuler ini, siswa mengembangkan rasa percaya diri, disiplin, dan keinginan untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Mereka juga belajar untuk bekerja sama dalam tim dan mengatasi tantangan fisik dan mental. Diskusi: Temuan penelitian ini konsisten dengan teori motivasi belajar yang menekankan pentingnya pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Ekstrakurikuler pencak silat memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan cara yang interaktif dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Selain itu, kegiatan ini juga membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler pencak silat dapat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1A di Sekolah Dasar Islam Kyal Amin Surabaya. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah-sekolah lain juga mempertimbangkan untuk menyediakan kegiatan ekstrakurikuler yang menarik dan bermakna bagi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar mereka. Referensi: [Daftar referensi yang digunakan dalam penelitian ini]