Strategi Meningkatkan Kecepatan Membaca dengan Metode 'Look-Cover-Write-Check' pada Pembelajaran Bahasa Inggris

essays-star 4 (315 suara)

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai dalam mempelajari bahasa Inggris. Kecepatan membaca yang baik dapat membantu siswa memahami teks dengan lebih efisien dan efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan membaca adalah metode 'Look-Cover-Write-Check'. Metode ini melatih siswa untuk membaca dalam kelompok kata dan mengingatnya dalam waktu singkat. Artikel ini akan membahas strategi meningkatkan kecepatan membaca dengan metode 'Look-Cover-Write-Check' pada pembelajaran bahasa Inggris.

Penerapan Metode 'Look-Cover-Write-Check' dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Metode 'Look-Cover-Write-Check' merupakan metode membaca yang sistematis dan terstruktur. Metode ini melibatkan empat langkah utama, yaitu 'Look', 'Cover', 'Write', dan 'Check'. Pertama, pada tahap 'Look', siswa diminta untuk melihat dan membaca teks dalam waktu yang telah ditentukan. Kedua, pada tahap 'Cover', siswa menutup teks yang telah dibaca. Ketiga, pada tahap 'Write', siswa menuliskan kembali kata atau frasa yang diingat dari teks yang telah dibaca. Terakhir, pada tahap 'Check', siswa membuka kembali teks dan mencocokkan hasil tulisannya dengan teks asli.

Manfaat Metode 'Look-Cover-Write-Check' untuk Meningkatkan Kecepatan Membaca

Penerapan metode 'Look-Cover-Write-Check' memberikan beberapa manfaat dalam meningkatkan kecepatan membaca pada pembelajaran bahasa Inggris. Pertama, metode ini melatih fokus dan konsentrasi siswa. Dalam proses membaca, siswa dituntut untuk fokus pada kelompok kata dalam waktu yang singkat. Kedua, metode ini membantu siswa memperluas rentang penglihatan. Dengan melihat dan membaca dalam kelompok kata, siswa secara bertahap akan terbiasa untuk tidak membaca kata per kata. Ketiga, metode ini meningkatkan kemampuan mengingat siswa. Tahap 'Write' dan 'Check' pada metode ini melatih siswa untuk mengingat informasi yang telah dibaca dan menuliskannya kembali.

Strategi Penerapan Metode 'Look-Cover-Write-Check' yang Efektif

Terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan efektivitas metode 'Look-Cover-Write-Check' dalam meningkatkan kecepatan membaca. Pertama, guru dapat memulai dengan teks yang relatif pendek dan mudah dipahami. Hal ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri siswa dalam menerapkan metode ini. Kedua, guru perlu memberikan batasan waktu yang jelas pada tahap 'Look'. Batasan waktu ini dapat diatur secara bertahap, dimulai dari waktu yang lebih lama dan dipersingkat secara berkala. Ketiga, guru dapat memberikan variasi teks bacaan yang menarik dan sesuai dengan minat siswa.

Evaluasi Kemajuan dan Hambatan dalam Penerapan Metode 'Look-Cover-Write-Check'

Evaluasi kemajuan siswa dalam menerapkan metode 'Look-Cover-Write-Check' dapat dilakukan dengan beberapa cara. Guru dapat melakukan pengamatan secara langsung terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan langkah-langkah metode ini. Selain itu, guru dapat memberikan teks bacaan dan meminta siswa untuk menerapkan metode 'Look-Cover-Write-Check'. Guru kemudian dapat mengukur kecepatan membaca siswa dan membandingkannya dengan kecepatan membaca sebelum menggunakan metode ini. Evaluasi juga perlu dilakukan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi siswa dalam menerapkan metode ini.

Metode 'Look-Cover-Write-Check' merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan kecepatan membaca pada pembelajaran bahasa Inggris. Penerapan metode ini secara rutin dan terstruktur dapat membantu siswa meningkatkan fokus, rentang penglihatan, dan kemampuan mengingat. Guru perlu memilih teks bacaan yang sesuai, memberikan batasan waktu yang jelas, dan melakukan evaluasi secara berkala untuk memaksimalkan efektivitas metode ini.