Kondisi Pendidikan pada Zaman Kolonial Belanda dan Sejarah Pendidikan Nonformal pada Masa Reformasi

essays-star 4 (382 suara)

Pada tahun 1800-1942, Indonesia menjadi jajahan pemerintah kolonial Belanda. Selama periode ini, pendidikan diatur oleh VOC dan kemudian diserahkan kepada pemerintah Belanda. Namun, pendidikan hanya diperuntukkan bagi anak-anak para pemimpin pemerintahan Belanda, sehingga pribumi memiliki sedikit peluang untuk mendapatkan pendidikan. Baru pada tahun 1848, pemerintah Belanda mengizinkan pribumi menjadi pegawai rendahan dengan syarat lulus ujian. Hal ini berdampak pada peningkatan kebutuhan akan pegawai, yang pada akhirnya mempengaruhi perluasan jumlah sekolah. Selain itu, pada tahun 1893, keluarlah kebijakan diferensiasi sekolah kelas I untuk golongan orang-orang Belanda priyayi dan orang-orang kaya, sementara kelas II diberlakukan untuk golongan rakyat jelata. Hal ini menunjukkan adanya stratifikasi sosial dalam sistem pendidikan kolonial Belanda. Selanjutnya, pada masa reformasi, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan nasional dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu formal, informal, dan nonformal. Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan kerja, pendidikan kesetaraan, dan pendidikan lainnya yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Proses pembelajaran pada pendidikan nonformal dapat dilakukan oleh berbagai bentuk lembaga, organisasi, dan metode belajar, seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Belajar (SKB), Pondok Pesantren, Majelis Talim, Sekolah Ruma, Sekolah Alam, Sekolah Kelas Campuran, Susteran, dan Diklat UPT. Kebudayaan merupakan manifestasi dari suatu bangsa dan meliputi potensi, kepercayaan, hukum, moral, kebiasaan, dan kecakapan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kesenian adalah ungkapan kreativitas dari kebudayaan dan meliputi seni sastra, seni musik, seni rupa, dan bagian-bagian indah dari kehidupan manusia. Hubungan antara kebudayaan dan kesenian sangat erat. Kebudayaan mencakup kebudayaan material, yang berupa benda-benda konkrit sebagai hasil karya manusia, dan kebudayaan nonmaterial, yang meliputi aspek-aspek abstrak seperti sistem sosial dan sistem ideal. Kesenian merupakan salah satu wujud kebudayaan yang mengekspresikan pikiran, karya, dan hasil karya manusia. Sumber referensi untuk analisis di atas adalah: 1. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 2. Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan: Suatu Pendekatan Antropologi Sosial (2001)