Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Teknologi Artificial Intelligence
Di era yang semakin maju ini, perkembangan bisnis di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh adanya persaingan yang terus meningkat serta perkembangan teknologi dan informasi yang mempengaruhi semua pelaku bisnis (Faithah & Saidah, 2021). Salah satu hasil perkembangan teknologi adalah Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence adalah sistem yang bisa diatur untuk melakukan tugas-tugas ilmiah (Siahaan et al., 2020). Kemampuan mesin elektronik dalam memproses informasi dengan kecepatan tinggi menandingi kemampuan manusia (Bailag, 2022). Kecerdasan buatan ini sudah mulai banyak digunakan dalam aspek bisnis di Indonesia (Siregar et al., 2020). Kecerdasan buatan dapat meringankan beban kerja manusia, seperti membuat keputusan, mencari informasi secara akurat, atau membuat komputer lebih mudah digunakan dengan tampilan yang lebih mudah dipahami. Ciri kecerdasan buatan adalah menerima input, untuk kemudian diproses dan menghasilkan output berupa keputusan (Gunawan & Manullang, 2020). Pemanfaatan AI dalam berbagai aspek bisnis ini memerlukan strategi yang tepat. Strategi bisnis adalah serangkaian tindakan yang terintegrasi dan terkoordinasi yang menjadi landasan berpikir untuk mencapai keunggulan kompetitif (Febrianti et al., 2021). Strategi bisnis mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengembangan produk, likuidasi, dan usaha patungan atau joint venture (Dufri & Lukman, 2020). Namun, masih terbatasnya penelitian yang secara khusus meneliti strategi pengembangan bisnis menggunakan bantuan teknologi Artificial Intelligence menjadi alasan pentingnya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis menggunakan bantuan teknologi Artificial Intelligence. Dengan demikian, penelitian ini akan membahas strategi pengembangan bisnis yang dapat diimplementasikan dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence.