Pentingnya Mengajukan Pertanyaan di Kelas
Mengajukan pertanyaan di kelas adalah keterampilan penting yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan terlibat dalam komunikasi dua arah dengan guru. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi pentingnya mengajukan pertanyaan dan bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi siswa dan guru. Salah satu keuntungan utama dari mengajukan pertanyaan adalah bahwa hal itu dapat memotivasi siswa untuk mendekati topik dengan rasa ingin tahu. Ketika siswa ingin tahu tentang suatu mata pelajaran, mereka tidak lagi belajar hanya untuk mendapatkan nilai. Sebaliknya, mereka lebih cenderung terlibat dalam pembelajaran karena mereka ingin memahami materi. Mengajukan pertanyaan juga memungkinkan siswa untuk terlibat dalam komunikasi dua arah dengan guru. Guru dapat memahami pemikiran siswa dan memberikan dukungan untuk membantu mereka memecahkan masalah. Ini juga memberikan siswa kesempatan untuk berbagi pengalaman sosial budaya mereka dan belajar dari satu sama lain. Selain itu, mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dapat membantu guru menemukan celah dalam pemahaman mereka. Dengan mendengar pertanyaan dari siswa, guru dapat mengidentifikasi topik di mana siswa mungkin memerlukan lebih banyak latihan atau penjelasan. Ini adalah cara sederhana untuk menentukan dan fokus pada area di mana siswa memerlukan dukungan tambahan. Terbaik dari semua, siswa lebih mungkin untuk memahami materi baru jika mereka mengajukan pertanyaan. Satu studi menemukan bahwa ketika siswa sekolah dasar diajari untuk mengajukan pertanyaan selama pelajaran sains, mereka dapat mendiskusikan apa yang telah mereka pelajari pada tingkat yang lebih kompleks. Dengan mengajukan pertanyaan, siswa dapat memahami materi pada tingkat yang lebih dari sekadar menghafal. Mereka dapat terlibat dalam pemikiran kritis dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik tersebut. Secara keseluruhan, mengajukan pertanyaan di kelas adalah keterampilan penting yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan terlibat dalam komunikasi dua arah dengan guru. Dengan mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan, guru dapat menemukan celah dalam pemahaman mereka dan membantu siswa memahami materi pada tingkat yang lebih dalam.