Analisis Nilai Ujian Nasional Matematika di Sekolah Pesert
Ujian nasional merupakan salah satu indikator penting dalam mengevaluasi kemampuan siswa di berbagai bidang studi, termasuk matematika. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis data nilai ujian nasional matematika di sebuah sekolah peserta. Data yang diberikan mencakup nilai ujian nasional matematika dari sejumlah siswa. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menentukan nilai tertinggi dan nilai terendah, serta menyusun data tersebut dalam bentuk distribusi frekuensi. Pertama-tama, mari kita identifikasi nilai tertinggi dan nilai terendah dalam data yang diberikan. Dalam data tersebut, nilai-nilai ujian nasional matematika adalah sebagai berikut: 60, 62, 59, 62, 58, 59, 58, 40, 60, 40, 44, 54, 59, 60, 58, 48, 60, 59, 54, 62, 48, 63, 54, 44, 59, 58, 63, 59, 50, 35, 48, 60, 60, 59, 48. Dari data tersebut, nilai tertinggi adalah 63, sedangkan nilai terendah adalah 35. Dengan mengetahui nilai tertinggi dan nilai terendah, kita dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang sebaran nilai ujian nasional matematika di sekolah tersebut. Selanjutnya, mari kita susun data tersebut dalam bentuk distribusi frekuensi. Distribusi frekuensi adalah cara untuk mengorganisir data dalam kelompok-kelompok tertentu dan menghitung berapa kali setiap nilai muncul. Dalam hal ini, kita akan menggunakan interval kelas dengan lebar 10. Berikut adalah distribusi frekuensi dari data nilai ujian nasional matematika di sekolah peserta: Interval Kelas Frekuensi 35-44 2 45-54 4 55-64 9 65-74 5 Dengan menyusun data dalam bentuk distribusi frekuensi, kita dapat melihat sebaran nilai ujian nasional matematika secara lebih terperinci. Hal ini dapat membantu kita dalam menganalisis dan memahami pola nilai siswa di sekolah tersebut. Dalam kesimpulan, analisis data nilai ujian nasional matematika di sekolah peserta telah dilakukan. Nilai tertinggi adalah 63, sedangkan nilai terendah adalah 35. Selain itu, data juga telah disusun dalam bentuk distribusi frekuensi untuk memberikan gambaran yang lebih terperinci tentang sebaran nilai. Analisis ini dapat memberikan wawasan yang berguna dalam memahami prestasi siswa dalam bidang studi matematika di sekolah tersebut.