The Effectiveness of Grammar Translation Method in Improving English Grammar Skills: A Review of Related Research Findings
Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penelitian terkait yang telah dilakukan menggunakan metode terjemahan tata bahasa dalam pengajaran. Penelitian-penelitian ini memberikan wawasan tentang efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan tata bahasa bahasa Inggris siswa. Penelitian pertama yang akan kita bahas adalah penelitian yang dilakukan oleh Adiwidya (2017). Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan Metode Terjemahan Tata Bahasa (MTTB) untuk meningkatkan keterampilan tata bahasa bahasa Inggris siswa sekolah vokasi swasta. Fokus tata bahasa dalam penelitian ini adalah bentuk sederhana sekarang dan bentuk sederhana lampau. Dalam penelitian ini, 35 siswa jurusan akuntansi di Sekolah Vokasi Saraswati diuji sebelum dan setelah ujian. Untuk pengambilan sampel data dalam penelitian ini, digunakan metode proportional stratified random sampling, dan analisis data sampel dilakukan menggunakan uji t-tidak tergantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-test (sebelum perlakuan) lebih rendah daripada post-test. Data yang dianalisis menunjukkan bahwa rata-rata pre-test adalah 52 dan rata-rata post-test adalah 76. Siswa memahami materi dengan lebih baik setelah menggunakan metode terjemahan tata bahasa dalam kelas. Dengan demikian, metode terjemahan tata bahasa dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan tata bahasa bahasa Inggris mereka, terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan memahami materi tata bahasa secara keseluruhan. Penelitian kedua yang akan kita bahas adalah penelitian yang dilakukan oleh Nasir (2018), "Meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMAN 3 Pare-pare dengan menggunakan metode terjemahan tata bahasa komunikatif." Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah Metode Terjemahan Tata Bahasa Komunikatif dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dalam penelitian ini, Dalam kedua penelitian ini, ditemukan bahwa metode terjemahan tata bahasa efektif dalam meningkatkan keterampilan tata bahasa bahasa Inggris siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan penguasaan tata bahasa siswa setelah menggunakan metode ini dalam pengajaran. Metode terjemahan tata bahasa juga terbukti membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami materi tata bahasa secara keseluruhan. Dalam kesimpulan, penelitian-penelitian ini menunjukkan bahwa metode terjemahan tata bahasa dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan keterampilan tata bahasa bahasa Inggris siswa. Metode ini dapat membantu siswa memahami dan menguasai tata bahasa dengan lebih baik, terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tata bahasa secara keseluruhan.