Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran Keliling Bangun Datar Persegi
Dalam pembelajaran keliling bangun datar persegi, keterampilan bertanya merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Keterampilan bertanya ini bertujuan untuk membangun pemahaman konsep siswa dan mendorong partisipasi aktif dalam pembelajaran. Bu Ami, seorang guru SDN Pasirjati, menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi untuk menjelaskan konsep keliling bangun datar persegi kepada siswa kelas 4. Salah satu komponen keterampilan bertanya dasar yang dapat digunakan oleh Bu Ami adalah pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka memungkinkan siswa untuk berpikir secara kritis dan mengungkapkan pemahaman mereka dengan lebih luas. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan terbuka yang dapat diajukan oleh Bu Ami kepada siswa: 1. Apa yang dimaksud dengan keliling bangun datar persegi? 2. Bagaimana cara menghitung keliling bangun datar persegi? 3. Apa hubungan antara panjang sisi dan keliling bangun datar persegi? 4. Apa yang terjadi pada keliling bangun datar persegi jika panjang sisinya berubah? 5. Bagaimana keliling bangun datar persegi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Selain pertanyaan terbuka, Bu Ami juga dapat menggunakan pertanyaan pengecekan pemahaman. Pertanyaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa telah memahami konsep yang diajarkan. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan pengecekan pemahaman yang dapat diajukan oleh Bu Ami kepada siswa: 1. Berapa panjang sisi dari sebuah persegi dengan keliling 20 cm? 2. Jika panjang sisi sebuah persegi adalah 8 cm, berapa kelilingnya? 3. Apa yang terjadi pada keliling persegi jika panjang sisinya dua kali lipat? 4. Jika keliling persegi adalah 24 cm, berapa panjang sisinya? 5. Bagaimana cara menghitung keliling persegi jika panjang sisinya tidak diketahui? Dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini, Bu Ami dapat membangun pemahaman konsep siswa tentang keliling bangun datar persegi. Selain itu, dengan memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi pertanyaan dan tabel, Bu Ami juga dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembuktian konsep keliling persegi dengan berbagai ukuran.